Brilio.net - Gunung Muria merupakan gunung yang terletak paling depan di antara gunung-gunung yang ada di Pulau Jawa. Keberadaannya yang meliputi daerah Kabupaten Kudus, Jepara, dan Pati menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Pulau Jawa.

Tapi tahukah kamu jika ternyata Gunung Muria dan daerah sekitarnya dulu pernah terpisah dari Pulau Jawa?

Saat brilio.net mengunjungi Museum Situs Patiayam di Jekulo Kudus, Kamis (23/7), diketahui fakta jika ternyata daerah sekitar Gunung Muria yang meliputi Kabupaten Kudus, Jepara, dan Pati dengan Pulau Jawa dulu dipisahkan dengan sebuah laut dangkal atau selat.

Hal itulah yang membuat penemuan benda purbakala di Situs Patiayam Kudus tak hanya berupa bukti kehidupan manusia dan hewan darat, tetapi juga ditemukan bukti kehidupan hewan laut zaman dulu.

Pada situs Patiayam, tak hanya hewan darat seperti harimau, badak, babi, gajah, kerbau, banteng, dan rusa yang ditemukan di sini. Beberapa fosil hewan laut seperti moluska, ikan hiu, penyu, dan buaya juga ditemukan di sini. Ini membuktikan bahwa daerah Patiayam dulu pernah menjadi pemisah antara Muria dan Pulau Jawa. Fosil hewan-hewan tersebut diperkirakan berusia di atas 800.000 tahun.

Loading...

Pada masa glasial, Gunung Muria beserta pegunungan kecil Patiayam dulunya bergabung dengan daratan utama Pulau Jawa. Perluasan pembekuan es di kutub menyebabkan air laut surut hingga 120 meter dari kondisi permukaan saat itu.  

Pada masa inter glasial, kejadiannya berbalik. Suhu bumi menghangat sehingga menyebabkan terjadinya pencairan es, volume air laut pun meningkat. Gunung Muria terisolir dari dari Pulau Jawa dan terpisahkan oleh laut dangkal yang tak terlalu lebar.

Dahulu, pusat kerajaan Demak terletak di tepi pantai Selat Muria yang memisahkan Pulau Jawa dengan Pulau Muria. Kapal dapat berlayar dengan baik saat melewati selat yang cukup lebar. Oleh karena itu, dalam sejarah, Kerajaan Demak juga disebut dengan Kerajaan Maritim.

Bergabungnya Pulau Muria secara permanen dengan Pulau Jawa baru terjadi pada abad XVII M akibat terjadi pendangkalan dan perkembangan daratan alluvial di sepanjang pantai utara Jawa.

HOT NEWS:

12 Foto tato orang yang salah tulis, apes betul mereka ini!

15 Emoji yang sering salah digunakan saat chatting

15 Hal ini pasti pernah kamu rasakan ketika merantau ke ibu kota

19 Foto bayi hewan yang menggemaskan

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Uji kecerdasanmu, bisa jawab di atas 7 berarti IQ tinggi