Brilio.net - Soal menjadi tolak ukur pemahaman anak didik semasa di sekolah. Karenanya isi soal pertanyaan dalam sebuah ujian haruslah bernuansa mendidik dan mencerdaskan. Namun apa yang terjadi di sebuah Sekolah Dasar (SD) di Klaten, Jawa Tengah ini justru menuai kecaman dari banyak netizen.

Sebuah daftar soal pertanyaan dalam bahasa Inggris beredar di dunia maya, Jumat (2/10). Namun yang membuat banyak pengguna media sosial heboh adalah adanya menu jawaban yang menggatakan bahwa Wine atau anggur bisa menjadi salah satu jawaban untuk pertanyaan "What is your favorit drink?"

Soal bahasa Inggris untuk anak SD ini dikecam netizen

"Soal anak SD kelas 5 di Klaten. Lihat no 21 #Ancur," ujar akun facebook bernama Prita Dewi Aryanti yang mengunggah foto tersebut. Netizen pun ramai mengecam soal tersebut. Pasalnya pihak pembuat soal dianggap mengenalkan minuman Wine kepada anak-anak.

"Anak SD secara tidak langsung diperkenalkan," ujar akun @Nandi Rustandi. "Tidak contextuall learning," timpal akun @Iyus Yusandi.

Loading...

"Dirusak oleh negeri sendiri haduhhhh. Yang membuat soal-soal itu mgkn itu adalah minuman favoritnya, bahaya sekali," kata @Lelya Sugiyanty.