Brilio.net - Isu status kewarganegaraan memang tengah panas menjelang HUT RI ke-71. Ada dua nama yang begitu populer di kasus ini. Pertama adalah mantan Menteri ESDM, Archandra Tahar yang kemudian dicopot karena diduga memiliki paspor Amerika Serikat. Yang tidak kalah menghebohkan adalah nama Gloria Natapradja Hamel.

Bocah ini kemudian dicoret namanya dalam daftar paskibraka 2016 karena memiliki paspor Prancis. Tahun ini pemerintah hanya melantik 67 anggota dari sebelumnya berjumlah 68. Memang tidak ada pengganti untuk Gloria. Gadis ini memang mempunyai darah Prancis dari pihak bapaknya.

Berita pencopotan Gloria ini juga mengusik artis sekaligus mahasiswa pascasarjana hukum, Julia Perez untuk berkomentar.

Jupe Gloria © 2016 brilio.net

"Dear Bapak Menpora, hukum positif kita mengatur bahwa anak yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun atau belum kawin, berada dan bertempat tinggal di wilayah negara Republik Indonesia, dari ayah atau ibu yang memperoleh Kewarganegaraan Republik Indonesia dengan sendirinya berkewarganegaraan Republik Indonesia. (Ps 21 ayat (1) UU No. 12/2006). Anak ini pantas mendapatkan haknya sebagai WNI," tulis Jupe di akun Instagramnya, Selasa (16/8).

Loading...

Langsung saja tanggapan mantan Damian Perez itu diserbu netizen.

"Sangat menyangkan keputusan itu? Negara udah merdeka masih ada hak WNI yang di ambil #savehakWNI," komentar @abdhul_09.

"Tapi dia kan udah punya pasport prancis," balas @ardestory.