Brilio.net - Kehebohan tentang soal ujian tidak hanya terjadi di Indonesia yang lagi UN. Di Singapura pun juga tidak kalah menarik. 

Dikutip oleh brilio.net dari nydailynews.com, Senin (14/4), sebuah soal matematika di Singapura menghebohkan dunia. Soal ini masuk dalam pelajaran matematika. Kehebohan diawali ketika seorang pembawa acara televisi di negara tersebut mengunggah foto tersebut dalam Facebook. 

Bunyi soalnya adalah sebagai berikut.

Albert dan Bernard baru saja menjadi temannya Cheryl dan mereka ingin tahu kapan hari ulang tahunnya si Cheryl. Cheryl memberikan beberapa kemungkinan jawabannya sebagai berikut:

15 Mei

Loading...

16 Mei

19 Mei

17 Juni

18 Juni

14 Juli

16 Juli

14 Augustus

15 Augustus

17 Augustus

Cheryl juga memberikan klu hari ulang tahunnya kepada dua temannya secara terpisah. Dan inilah jawaban dari Albert dan Bernard. 

Albert: Saya tidak tahu kapan ulang tahunnya. Tapi saya juga tahu kalau Bernard juga tidak tahu. 

Bernard: Awalnya saya tidak tahu, tapi sekarang saya tahu. 

Albert: Kalau begitu saya juga tahu hari ulang tahunnya. 

Jadi kapan tepatnya hari ulang tahun si Cheryl? 

Sang presenter yang mengunggah soal tersebut, Kenneth Kong sampai berdebat dengan istrinya soal tersebut. Kong mengatakan bahwa soal tersebut merupakan soal yang biasa untuk anak kelas 5. Akan tetapi, berdasarkan konfirmasi dari direktur eksekutif Singapore and Asian Schools Math Olympiad, soal tersebut merupakan salah satu soal yang sulit untuk siswa senior dalam ajang tersebut.

Jadi, apakah kamu tahu jawaban dari soal tersebut? Selamat mencoba!  

BACA JUGA:

Anak SMA ini temukan cara deteksi boraks cukup pakai tusuk gigi

Hindari minum teh pada momen-momen berikut ini

Seram, hewan raksasa berbentuk pipa ditemukan di dasar laut