Brilio.net - Setahun lebih menghilang sejak mundur dari jabatannya sebagai presiden Kuba pada 2006, Fidel Castro kembali muncul ke publik. Kemunculannya disambut hangat warga yang kebetulan bertemu. Pemimpin revolusi Kuba itu terlihat sehat walafiat.

"Fidel tampak sangat sehat," tulis harian Juventud Rebelde. Sejak mengalami penyakit usus misterius yang nyaris merenggut nyawanya pada 2006, pemimpin 88 tahun tersebut membatasi kemunculannya ke publik.

Tak heran sekali muncul Castro mendapat sambutan hangat. Seperti dalam salah satu foto dimana dia menyalami sejumlah warga melalui jendela bus yang ditumpanginya. Castro mengenakan pakaian olahraga biru-putih, topi hitam dan alat bantu dengar.

Kemunculan Castro disebutkan dalam rangka pertemuannya dengan 33 warga Venezuela yang dilangsungkan 30 Maret di salah satu sekolah di Havana. Venezuela sendiri tercatat sebagai salah satu sekutu dekat Kuba.

Kedua negara diketahui juga melakukan pola kerja sama unik. Venezuela mengirimkan puluhan ribu barel minyak per hari untuk ditukarkan dengan dokter-dokter Kuba, tentara dan pelatih olahraga.

Loading...