Brilio.net - Bisakah kamu hidup tanpa memiliki sepeser uang pun? 15 tahun lalu seorang wanita kewarganegaraan Jerman, Heidemarie Schwermer melontarkan pertanyaan semacam itu pada dirinya sendiri. Dan jawabannya adalah 'Ya!'.

Schwermer tumbuh di tengah keluarga yang cukup mampu sampai pada masa akhir Perang Dunia II, hingga kemudian kekayaannya lenyap. Dan setelah perang, ayahnya kembali mendapatkan pekerjaan dan perekonomian keluarganya kembali normal.

"Saat itu akhirnya kami dapat kembali kaya dan kami berusaha untuk mempertahankannya. Namun tetap saja saya masih harus mandiri saat kaya maupun miskin," ucap Schwermer seperti dilansir dari simpleorganiclife.org.

Wanita ini dulunya pernah menjadi seorang guru dan juga fisioterapis, di mana dua pekerjaan tersebut memberikan gaji yang cukup besar. Meskipun secara finansial bisa dikatakan dia sangat mapan, tapi dia tetap saja merasa tidak bahagia.

Kemudian dia mulai memikirkan cara untuk bertahan hidup tanpa sepeser uang. Pada tahun 1994, salah seorang teman memintanya untuk menjaga rumahnya selama 1 tahun dan dia menyetujuinya. Rencana tersebut awalnya hanya untuk 1 tahun, namun faktanya tahun ini dia sudah memasuki tahun ke-16.

Loading...

"Saat itu sebenarnya saya hanya ingin coba-coba tapi ternyata saya merasa menemukan esensi hidup yang baru dan saya tidak berniat untuk kembali menjalani hidup seperti sebelumnya."

Dan saat sekarang usianya memasuki 69 tahun, dia merasa amat sangat bahagia. Dia tinggal bersama teman-temannya dan melakukan beberapa aktivitas sederhana di sekitar tempat tinggalnya. Dia menerima makanan dan pakaian dari banyak orang setiap harinya. Dan ketika ditanya apa alasan orang-orang mengizinkan Schwermer untuk tinggal di rumahnya, dia menjawab karena orang-orang tersebut merasa bahagia bisa mengenal sosok Schwermer.