Brilio.net - Facebook secara resmi mengumumkan fitur terbaru mereka yang berfungsi untuk streaming  live video, Kamis (28/1) kemarin. Fitur tersebut diyakini akan menjadi pesaing Periscope yang terlebih dahulu dirilis oleh Twitter.

Melalui postingan di blog resmi, Facebook rencananya akan meluncurkan fitur tersebut untuk pengguna aplikasi Facebook di Amerika Serikat. Baru beberapa pekan berikutnya, fitur tersebut akan bisa dinikmati oleh pengguna Facebook di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Facebook menjelaskan fitur tersebut bisa diakses dengan membuka menu update status lalu muncul ikon "live video". Fitur tersebut berfungsi untuk membagikan live streaming dengan pengguna lain. Setelah streaming usai, video dapat disimpan di timeline untuk diputar kembali.

"Kamu bisa melihat live video dari teman-temanmu dan publik figur yang kamu follow di Nes Feed," kata Facebook yang dikutip brilio.net dari Guardian, Jumat (29/1). "Saat sedang menonton live video, kamu bisa mengklik tombol berlangganan untuk mendapatkan notifikasi video broadcast selanjutnya."

Kehadiran fitur ini di aplikasi Facebook mengindikasikan perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg itu ingin menyaingi produk Periscope milik Twitter yang dirilis tahun lalu. Mark bahkan menyebut fitur live video Facebook jauh lebih unggul karena lebih ringan dan tidak banyak membutuhkan kuota. Kelebihan inilah diyakini sangat cocok untuk negara-negara berkembang dengan kecepatan internet yang masih terbatas.

Loading...

"Kami ingin mengembangkan alat yang semakin bagus. Video merupakan bagian penting Facebook sehingga melanjutkan investasi di bidang ini juga penting," ujar Mark.