Brilio.net - Rekor menara tertinggi di dunia saat ini masih dipegang oleh Burj Khalifa di Dubai. Dengan tinggi mencapai 829 meter, menara ini seperti membelah langit Dubai.

Namun kemasyhuran Burj Khalifa sebentar lagi bakal tersaingi dengan menara baru yang akan dibangun di Kanada. Tak tanggung-tanggung tingginya hampir lebih 20 kali lipat dari Burj Khalifa atau 20921,5 meter. Wow!

Dilansir dari Indiatimes, Kamis (20/8), sebuah perusahaan kontraktor Kanada, Thoth Technology, telah mendapat hak paten dari Amerika Serikat untuk membangun menara tertinggi di dunia. Menara itu nantinya akan diberi nama dengan "Space Elevator".

Penamaan itu tak main-main melainkan benar adanya. Jadi menara itu nantinya akan dibuat tempat para astronot untuk menerbangkan roketnya ke luar angkasa. Jadi di puncak menara sudah ada roket yang terpakir di sana beserta tempat pengisian bahan bakarnya.

"Para astronot nantinya akan naik dengan lift listrik ," ujar Dr Brendan Quine selaku kepala proyek. "Dari puncak menara akan meluncur roket ke luar angkasa dan kembali untuk mengisi bahan bakar."

Loading...

Meski begitu pembangunan menara elevator space ini kemungkinan akan membutuhkan waktu yang lama. Pasalnya ada beberapa perhitungan yang membutuhkan ketelitian matang karena akan menyangkut batas ketinggian atmosfer dengan daratan bumi.