Brilio.net - Publik China kemarin baru saja dihebohkan dengan kemunculan ribuan ikan di tepi sungai Haihe, China utara, Tianjin. Sayangnya ikan itu sudah dalam keadaan tidak bernyawa. Meski begitu para warga tidak berani mengambilnya karena diduga berasal dari ledakan Tianjin.

Ledakan Tianjin yang terjadi pada Kamis (13/8) lalu di sebuah gedung pabrik telah menewaskan setidaknya 114 orang, ratusan orang terluka dan beberapa masih hilang termasuk para pemadam kebakaran. Selain itu ledakan itu juga dikhawatirkan merusak ekosistem laut.

Ribuan ikan mati terdampar di tengah kota, fenomena apa ini?

Menurut laporan warga setempat ribuan ikan tersebut tiba-tiba saja sudah berkumpul di tepi sungai Haihe sekitar 4 mil dari lokasi ledakan Tianjin. Banyak orang beranggapan zat kimia ledakan masuk ke dalam air sungai dan menyebabkan ribuan ikan mati.

Dikutip New York Times, Jumat (20/8), Pemerintah China menyatakan bahwa gudang di pusat ledakan menyimpan sekitar 40 bahan kimia berbahaya diantaranya 700 ton natrium sianida. Namun pejabat dinas lingkungan setempat mengatakan bahwa pihaknya tidak menemukan kadar racun sianida dalam air dimana ribuan ikan tersebut mati. Meski begitu mereka masih akan melakukan penyelidikan lebih lanjut tentang penyebab ribuan ikan bisa mati secara bersamaan.

Loading...