Brilio.net - Tak selamanya jalinan asmara sepasang kekasih bisa berakhir bahagia. Meski telah berpacaran bertahun-tahun, kalau bukan jodoh, kamu bisa apa selain merelakannya? Agus Supriyanto (27), pria yang ditinggal menikah mantan pacarnya padahal sudah berpacaran selama 5 tahun.

Dengan berat hati Agus harus merelakan kisah cintanya bersama Lia (26) harus berakhir di penghujung tahun 2010. Awalnya, hubungan keduanya di tahun 2005 berjalan dengan baik tapi diakui Agus ketika dirinya berniat untuk berkomitmen melanjutkan ke jenjang pernikahan, penolakan datang dari orangtua Lia. Keinginan tersebut selain karena sudah berpacaran lama tapi Agus merasa dirinya sudah siap secara finansial.

"Alasannya perbedaan aliran dalam satu agama, ya seperti NU dan Muhammadiyah gitu," cerita Agus yang disampaikan kepada brilio.net melalui layanan story telling 0-800-1-555-999.

Keteguhan hati Agus memperjuangkan hubungannya bersama Lia jadi penyelamat. Tak hanya duduk berpangku tangan, Agus berusaha untuk meyakinkan orangtua Lia. Beruntungnya saat itu orangtua Lia akhirnya merestui anaknya untuk kembali berpacaran dengan pria asal Semarang ini.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Namun sekuat hati dan cara mereka lakukan untuk mempertahan hubungan, ujian rupanya masih hadir dalam kehidupan asmara mereka. Kali ini datang dari orangtua Agus yang mengungkapkan ketidaksetujuannya jika Agus akan menikah dengan Lia.

"Padahal dari awal pacaran, orangtua saya setuju dan nggak memberi tanggapan negatif. Eh, giliran mau melamar malah disuruh lepasin aja," kenang Agus dengan nada sedih.

Sontak, Agus merasa down apalagi Lia yang merasa terpukul ketika mendengar cerita Agus mengenai restu yang tak berhasil ia dapatkan dari calon mertua. Mau dikatakan apalagi, restu orangtua tak dapat mereka dapatkan, putus adalah jalan terbaik yang bisa mereka lakukan saat itu.

Setelah putus, Agus mengakui bahwa dirinya belum menemukan pengganti yang cocok. Sementara Lia terlihat makin terpuruk dan larut dalam kesediahan. Tak kuasa melihat mantan kekasihnya bersedih, Agus lalu memutuskan untuk menjodohkan Lia dengan teman dekatnya. "Dia sedih kan gara-gara saya, terutama karena penolakan orangtua saya. Jadi saya berpikir untuk menjodohkan mereka tanpa sepengetahuan Lia," kata pria yang kini bekerja sebagai karyawan jasa pengiriman barang ini.

Niat baik Agus menjodohkan Lia dengan temannya bernama Rudi (27) ternyata disambut hangat oleh hati Lia. Terbukti, kini mereka sudah menikah. Meski Agus dan Lia sudah tak lagi berkomunikasi, terlihat keluarga mereka hidup bahagia.

Menurut Agus, cara terbaik untuk melupakan mantan dan membuatnya bahagia adalah melepaskannya bersama orang lain yang mampu membuatnya bahagia. "Tapi ternyata saya tetap saja selalu mengingatnya, apalagi kita pernah tidur bareng, makin membuat saya selalu teringat dan makin menyesal," tambahnya.

Agus berpesan untuk pasangan yang masih pacaran lebih baik dimantapkan dari awal dengan sedini mungkin dikenalkan pada orangtua. Baginya, menjalani hubungan asmara tanpa restu orangtua bagai berjalan hanya dengan satu kaki. "Oya, pacaran juga sewajarnya, jangan berlebihan apalagi melakukan hubungan badan yang belum sepantasnya dilakukan bila belum menikah," pungkasnya.

(brl/ani)