Brilio.net - Para arkeolog yang melakukan penelitian di Kenya berhasil menemukan alat yang berasal dari batuan yang ditaksir berusia 3,3 juta tahun. Penemuan ini mematahkan temuan terdahulu bahwa perkakas batu tertua berusia 2,6 juta tahun.

Menurut Dr. Sonia Harmand penemuan ini sangat penting bagi sejarah manusia.

“Karena menurut pandangan awam selama berpuluh-puluh tahun percaya bahwa perkakas batu paling awal dibuat oleh golongan pertama manusia homo sekitar 2,4 sampai 2,6 juta tahun lalu,” ujarnya seperti dikutip brilio.net dari huffingtonpost, Jumat (22/5)

Perkakas batu tertua di dunia berumur 3,3 juta tahun

Arkeolog dari Stony Brook University, New York, Amerika Serikat (AS), yang juga pemimpin penelitian ini menambahkan, kalau tim yang dipimpinnya menemukan tak kurang dari 149 artefak. Penelitian tim dari AS ini juga dibantu oleh arkeolog lokal dan penduduk di sekitar Danau Turkana.

Loading...

Meski demikian, sampai sekarang para peneliti belum yakin tentang siapa yang membuat perkakas batu tersebut. "Mungkin saja perkakas itu dibuat oleh Kenyanthropus platytops, yang fosilnya ditemukan kurang dari satu mil dari penemuan ini. Tapi banyak kemungkinan lain termasuk Australopithecus afarensis,” jelas Harmand.