Brilio.net - Proses penambahan umur merupakan hal yang tidak bisa dihindarkan. Bagi sebagian orang, menjadi tua bisa menjadi sumber kegelisahan yang menakutkan. Jika kamu sedang mengalami hal yang sama, sebaiknya kalem saja. Menjadi tua tidak seseram seperti yang kamu bayangkan. Sebaliknya, tambanya umur menjadikan kamu semakin terlatih dalam menghadapi hidup.

Beberapa kajian yang dikutip oleh brilio.net dari Smithsonian Mag, Rabu (20/5), menunjukkan bahwa semakin kamu tua, banyak hal positif yang kamu dapat. Bahkan kamu tidak bisa menduganya.

Pertama, ingatan kamu akan semakin tajam seiring bertambahnya umur. Penelitian ini dilakukan oleh akademisi Universitas Illonois yang mengaji bagaimana kemampuan pengendali lalu lintas udara yang sudah tua. Para petugas ini mampu menghindari tabrakan meskipun umurnya sudah tidak muda lagi. Meskipun begitu, semakin tua kamu juga akan kehilangan ingatan jangka pendek.

Kelebihan lain dari menjadi tua adalah semakin mahir dalam menyelesaikan konflik. Alhasil, drama-drama yang tidak penting bisa kamu tangkas dengan mudah. Penelitian dari Universitas Michigan menyebutkan bahwa orang yang sudah berumur 60 tahun menunjukkan pemikiran yang matang, mampu berkompromi, dan bisa memahami masalah dari berbagai sudut pandang.

Yang tidak kalah menarik adalah persoalahan emosi. Hasil dari survei yang diadakan oleh Universitas Stony Brook menunjukkan bahwa orang dengan umur 50 tahun atau lebih merasa bahagia. Bahkan rasa marah dan juga stres juga menurun dibandingkan saat mereka berusia 20-an.

Loading...

Menjadi tua sangat menarik bukan? Kamu akan semakin matang secara emosi dan semakin bahagia dalam menjalani kehidupan. Jika sedang galau, itu hanya sebagian dari proses. Tidak ada pilihan selain menikmati.