Brilio.net - Pernahkah kamu mengalami kejadian di mana kamu sadar telah membeli cat dengan warna yang salah setelah kamu sampai di rumah? Perlu diketahui bahwa hal tersebut tidak ada hubungannya dengan ingatan seseorang.

Dilansir dari livescience.com, Rabu (1/7) sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa otak manusia memang mampu membedakan jutaan jenis warna, namun otak manusia memiliki kesulitan mengingat warna-warna tertentu. Misalnya saja banyak orang yang dapat dengan mudah membedakan warna navy, azure, dan juga ultramarine, tapi ketika kita diminta untuk mengingat rupa dari tiga warna tersebut kita cenderung memukul rata dan menyebutnya sebagai biru.

Kecenderungan tersebut lah yang menurut para peneliti mendasari alasan mengapa sulit sekali untuk kita menemukan warna cat yang cocok dengan gambaran yang sebenarnya ada di otak kita. "Semua masyarakat dari tempat yang berbeda sebenarnya memiliki kesamaan dalam penamaan dan pengategorikan warna. Tapi hal itu juga yang kerap memunculkan perdebatan mengenai persepsi dari warna itu sendiri," ujar Jonathan Flombaum, seorang psikolog kognitif dari Johns Hopkins University.

BACA JUGA:

Penelitian buktikan berpuasa baik untuk kesehatan jantung

Loading...

5 Hal lucu yang dilakukan anak kecil saat puasa pertama

4 Lagu Ramadan ini pernah ngehits banget di Indonesia

Resep takjil lezat dengan 2-3 bahan saja, gampang banget!

VIDEO: Tips menyajikan kurma tanpa biji