Brilio.net - Kedai kopi di berbagai kota di Indonesia kini semakin banyak dan menjamur. Setiap kedai biasanya memiliki cara penyajian dan tata ruangan hingga cita rasa kopi dan harganya.

Salah satu kedai kopi yang layak kamu kunjungi adalah Otentik Kopi. Kedai yang berada di Jalan Ipda Tut Harsono No. 8 Yogyakarta ini mengusung konsep outdoor agar mudah dijangkau oleh para pelanggan.

"Selain itu, konsep ini lebih menguntungkan karena tidak perlu sewa toko sehingga harga kopinya tidak mahal," ujar pemilik kedai, Fajar kepada brilio.net, Rabu (12/8).

Otentik Kopi terapkan konsep 'pending coffee', apa itu?

Otentik Kopi terapkan konsep 'pending coffee', apa itu?

Fajar menambahkan kedai miliknya selama ini memang membidik konsumen kalangan menengah ke bawah (middle low). Tidak sekadar membeli kopi, para pelanggan juga diharapkan belajar banyak tentang dunia kopi. "Kami juga memberikan edukasi kepada konsumen mengenai jenis-jenis kopi," imbuh pria asal Brebes itu.

Berbeda dengan kafe atau kedai kopi pada umumnya, Otentik Kopi berencana mengadopsi konsep Pending Coffee.

"Kalau dulu namanya Donasi Kopi yang targetnya sosial. Jadi misalkan ada pelanggan yang habis Rp 20 ribu, kemudian mereka menitipkan uang Rp 10 ribu untuk didonasikan. Nah, uang tersebut nantinya kita salurkan kepada mereka yang membutuhkan, misalnya (maaf) tukang becak, dan pemulung," terangnya.

Sementara itu, konsep Pending Coffee cakupannya lebih luas. Seorang pelanggan bisa menitipkan uang agar orang lain dapat menikmati kopi tanpa harus bayar.

"Siapa saja bisa mendapatkannya, misalnya mahasiswa yang ingin ngopi di akhir bulan tapi nggak punya duit, bisa langsung ke sini," canda pria yang mulai mencintai kopi sejak 2007 itu.