Brilio.net - Di daerah Purworejo, Jawa Tengah terdapat satu desa yang sangat terkenal dengan sate kambingnya, Desa Winong, namanya. Dari desa ini banyak penjual sate yang tersebar ke seluruh penjuru Purworejo, bahkan sampai Jogja. Namun ada satu penjual sate paling terkenal dan selalu ramai dikunjungi pembeli, Sate Kambing Mustofa.

Kamis lalu (24/4) brilio.net berkesempatan untuk mencicipi kuliner yang melegenda ini. Dan memang, rasa sate dan gule di warung ini juara. Daging yang digunakan untuk membuat sate adalah kambing muda dan disembelih sendiri, sedangkan bumbu kecapnya juga dari gula Jawa asli yang manisnya pas.

Menurut sang pemilik, Ahmad Basar, setiap hari bisa menyembelih 2-3 ekor kambing untuk memenuhi permintaan pelanggan di warungnya. "Ya kalau hari-hari biasa segitu, tapi kalau hari libur apalagi Lebaran bisa 10 ekor," terangnya.

Dirintis dari dipikul keliling desa, warung sate ini langganan artis

Pada awalnya, warung ini dirintis oleh kakeknya, Mustofa. Saat itu cara berjualannya masih dengan dipikul keliling kampung. "Awalnya di tahun 1968, Mbah Mustofa berjualannya masih dipikul keliling kampung, lalu punya warung sederhana. Ketika pelanggan semakin banyak, bisa buat yang lebih besar. Tempat ini baru 5 tahun," cerita dia.

Loading...

Warung sate yang terletak di Desa Winong, tepatnya di pinggir jalan alternatif Magelang-Purworejo–Kebumen ini cukup ramai pengunjung. Bukti kemasyuran warung ini terlihat banyaknya pengunjung, bahkan artis dan pejabat juga pernah mencicipi nikmatnya sate legendaris ini. "Kalau yang pernah makan di sini Tukul Arwana, Piyu Padi, Chef Galih dan pernah juga Angelina Sondakh," tutupnya.

Dirintis dari dipikul keliling desa, warung sate ini langganan artis