Brilio.net - Umar ibnu Khaththab bermaksud membunuh Muhammad yang telah membawa agama baru yang menjadi penyebab kekacauan kehidupan di Kota Mekah kala itu. Sambil membawa pedang, sebelum menemukan Muhammad, dia bertemu dengan Nuaym ibnu Abdullah yang telah memeluk Islam. Ketergesaan dan wajah marah Umar menimbulkan tanya bagi Nuaym.

Mengetahui maksud Umar akan membunuh panutannya itu, Nuaym mengarahkan Umar untuk membereskan anggota keluarganya terlebih dahulu yang ternyata juga telah masuk agama yang menjadi penyebab kemarahan Umar tersebut, yaitu adik perempuannya Fatimah dan iparnya Said. Tujuan Umar jadi berbelok ke rumah adiknya.

Seperti dikutip dari Tariq Ramadan dalam Biografi Spiritual-Intelektual Muhammad, Fatimah dan Said tengah membaca Alquran bersama seorang sahabat lagi yaitu Khabbab ketika Umar datang. Ketiganya menghentikan semua bacaannya, Khabbab yang ketakutan memilih bersembunyi.

Umar yang sempat mendengar bacaan asing itu menanyakan perihal keislaman dan bacaan tersebut pada pasutri itu, namun mereka enggan membicarakan hal ini meskipun telah didesak sehingga Umar memukul Said karena emosi yang ternyata dihadang Fatimah lebih dulu. Jadilah Fatimah terkena pukulan sang kakak sendiri.

Dengan keberanian Fatimah berseru, "Ya benar, kami telah masuk Islam dan percaya pada Allah dan asul-Nya. Sekarang engkau boleh melakukan apapun yang kau sukai."

Loading...

Dalam rasa penyesalan sekaligus keterkejutannya, Umar memita lembaran yang dibaca Fatimah. Surat yang dibaca Umar adalah Thaha ayat 1-14.

Menurut penturan Khabbab yang telah keluar dari tempat sembunyinya karena erasa keadaan telah aman, Nabi Muhammad memang pernah berdoa agar Dia menambah kekuatan Islam dengan tambahan Umar ibnu Khaththab atau Abul Hakam (Abu Jahal). Umar lantas mendatangi nabi yang tengah berada di kediaman Arqam untuk menyatakan keislamannya.

Dari orang yang akan dia bunuh, ternyata kepadanyalah Umar beralih hati, keimanan dan cintanya. Sejak Umar menyatakan keislaman di muka umum, orang-orang Islam lantas dapat bebas beribadah secara terang-terangan di kakbah.

BACA JUGA:

Sabun kecantikan ini terbuat dari lumpur kawah Dieng, mau coba?

VIDEO: Kecantikan bukan dari fisik saja

Tak bisa melihat sejak lahir, wanita ini maknai kecantikannya, bikin haru!

Susu kedelai simpan khasiat untuk kecantikan kulit

8 Standar unik kecantikan wanita di dunia

Rahasia kecantikan 7 bintang top Hollywood yang bikin kamu heran