Brilio.net - Seorang tokoh yang berpengaruh dan kontroversial lahir di Salzburg, Austria. Lahir dari pasangan Alois Hitler dan Klara Pölzl, Anak ke empat dari enam bersaudara ini menjadi tokoh utama Jerman Nazi, Perang Dunia II di Eropa, dan Holocaust.

Ia bergabung dengan Partai Pekerja Jerman (pendahulu NSDAP) pada tahun 1919, dan menjadi ketua NSDAP tahun 1921. Tahun 1923, untuk melancarkan tujuannya menjadi penguasa Jerman, ia melancarkan kudeta di kota Munich yang dikenal dengan peristiwa Beer Hall Putsch. Aksinya gagal dan Hitler dipenjara karenanya.

Setelah bebas tahun 1924, Hitler mendapat dukungan rakyat dengan mengecam Perjanjian Versailles dan menjunjung Pan-Jermanisme, antisemitisme, dan antikomunisme melalui pidatonya yang karismatik dan propaganda Nazi. Setelah ditunjuk sebagai kanselir pada tahun 1933, ia mengubah Republik Weimar menjadi Reich Ketiga, sebuah kediktatoran satu partai yang didasarkan pada ideologi Nazisme yang totalitarian dan otokratik.

Tujuan Hitler adalah mendirikan Orde Baru hegemoni Jerman Nazi yang absolut di daratan Eropa. Untuk itu, pada September 1939, armada tempur Jerman menginvasi Polandia dan menyebabkan pecahnya Perang Dunia II di Eropa.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Kebijakan Hitler yang supremasis dan termotivasi oleh ras mengakibatkan kematian sekitar 50 juta orang selama Perang Dunia II, termasuk 6 juta kaum Yahudi yang terkenal dengan peristiwa Holocaust.

(brl/gib)