Brilio.net - Nama Nicolaus Copernicus tak akan bisa lepas dari penemuannya tentang teori Heliosentris. Ayo siapa yang masih ingat apa itu Heliosentris? Heliosentris adalah teori yang pertama kali dicetuskan Copernicus bahwa bumi dan seluruh planet yang berevolusi mengelilingi matahari dan mematahkan kepercayaan bahwa mataharilah yang mengelilingi bumi.

Sebelum Copernicus menerbitkan hasil penelitiannya yang tersohor itu dalam sebuah buku Six Books Concerning the Revolutions of the Heavenly Orbs pada 1543, para astronom Eropa berpendapat bahwa bumi adalah pusat dari alam semesta, kepercayaan yang juga dipegang oleh para filsuf kuno dan rohaniawan.

Dalam buku itu, Copernicus juga menyatakan urutan-urutan planet yang telah dikenal sebelumnya dan memprediksi orbit mereka dengan akurat. Ia jugalah yang menyatakan bahwa bumi berputar pada porosnya dan menyebabkan pergantian musim.

Kematiannya dianggap tepat waktu, karena menyelamatkan dia dari kemarahan kaum rohaniawan yang mengutuk pandangan Heliosentris sebagai pandangan yang sesat sebelum akhirnya diterima secara universal pada akhir abad 18.