Brilio.net - Gajian adalah momen yang paling ditunggu bagi karyawan pada awal atau akhir bulan sekaligus momen membahagiakan karena akan segera mendapatkan gaji dari hasil kerja keras selama sebulan. Tapi pernah nggak mengalami kerja satu bulan tapi gaji habis dalam satu minggu.

Ibaratnya gaji cuma numpang lewat gitu. Kalau iya, berarti ada yang salah nih sama pengelolaan uang kamu setiap bulannya. Tak hanya itu, perilaku konsumtif atau boros juga bisa jadi penyebab utama gaji cepat lenyap.

Nah, cara ini bisa kamu lakukan supaya gaji tak numpang lewat, seperti dilansir brilio.net dari Economic Times, Kamis (11/6).

1. Membuat anggaran
Setiap karyawan pastinya mempunyai rencana masing-masing untuk menghabiskan gaji yang telah diterima. Tapi penting bagi karyawan untuk memiliki anggaran bahkan menjadi keharusan. Dengan begitu, anggaran dapat membuat pengeluaran lebih terkontrol.

Kalau memiliki utang, bayarlah terlebih dahulu supaya nggak makin numpuk dan dilupakan. Sebaiknya sih memang hindari kebiasaan berutang karena hal ini sangat nggak baik buat keuangan kamu dan bisa mempersulit.

Nah, setelah utang lunas, kamu bisa menggunakan uang untuk kebutuhan sehari-hari dan sisihkan untuk ditabung. Dengan perencanaan keuangan yang baik, kamu juga bisa berinvestasi ke depannya.

2. Mengumpulkan slip gaji
Kumpulkan slip gaji pertama hingga bukti gaji saat ini guna membaca kesalahan pada setiap pengeluaran dan pendapatan. Pastikan setiap pemotongan sesuai dengan bonus, kenaikan atau insentif serta pengeluaran.

3. Mendahuhlukan bayar tagihan
Membuat prioritas dalam pengeluaran sangat penting untuk dilakukan. Dahulukan membayar tagihan-tagihan, seperti listrik, air, dan telepon. Jangan menunggu tagihan semakin membengkak atau malah mengutamakan kepuasan semata. Ini jauh lebih penting karena kebutuhan sehari-hari dibandingkan memikirkan kebutuhan gaya hidup.

4. Dana untuk investasi dan asuransi
Mulailah berpikir memiliki investasi dengan mengikuti asuransi atau mendepositokan uang yang bisa ditarik sesuai persetujuan. Dengan begitu kamu sudah displin dalam menabung atau memiliki perencanaan keuangan yang baik untuk masa depan.

5. Kebutuhan bukan keinginan
Setiap gajian pasti kita tidak bisa menghindari ingin membeli sesuatu. Pasti! Tapi ingat kamu harus tahu mana kebutuhan, mana keinginan. Jangan karena keinginan yang besar sehingga kebutuhan jadi tidak terpenuhi. Selain itu, berbelanjalah kebutuhan sesuai uang yang kamu punya bulan ini. Dan jangan mengeluarkan uang untuk keinginan yang tidak penting dan berharap akan mendapatkan uang setelahnya.

6. Tabungan darurat
Kembali ke masa kanak-kanak dulu, kita diajarkan menabung dengan menggunakan celengan. Tak ada salahnya menerapkan hal ini kembali. Ini bisa membantu untuk pengeluaran yang mendadak. Sisihkan 10 sampai 30 persen gaji lalu simpan di celengan atau rekening bank yang khusus untuk menabung. Usahakan untuk tak memakai uang tersebut atau tergoda untuk melakukan penarikan uang.