Brilio.net - Danbo, bentuk boneka kertas ini (paper craft) tentunya sangat familiar dikalangan anak muda. Kerajinan tersebut mulai populer sejak beberapa tahun terakhir. Paper craft bagian dari salah satu kerajinan khas Jepang yang pembuatannya memakai kertas yang telah memiliki pola gambar tertentu.

Salah satu paper craft yang banyak digemari adalah karya Ganes Noviandra. Meski berawal dari rasa ingin tahu dan sekadar iseng membuat mainan dari kertas, akhirnya pria asal Surakarta ini berhasil memenangkan berbagai kompetisi dengan mengandalkan kemampuannya dalam membuat paper toys.

Lipat sini lipat sana ala Ganes, jadilah boneka kertas unik ini

Lipat sini lipat sana ala Ganes, jadilah boneka kertas unik ini

Lipat sini lipat sana ala Ganes, jadilah boneka kertas unik ini

Loading...

"Desain dari gundam yang saya buat ini karya dari Julius Perdana dan saya berhasil membuat gundam dengan ukuran 70 cm, sehingga bisa memenangkan kompetisi," ujar Ganes Noviandra kepada brilio.net, Rabu (9/9). "Membutuhkan waktu satu bulan untuk menyelesaikannya."

Memenangkan kompetisi nasional craft competition oleh SUN Indonesia memang sesuatu yang tidak pernah dia bayangkan sebelumnya. Sebab kompetisi yang cukup bergengsi tersebut diikuti oleh berbagai pecinta paper craft yang sudah memiliki banyak pengalaman.

Setelah memenangkan kompetisi tersebut, Ganes juga sempat membuat gundam lagi dengan ukuran 30 cm dan membutuhkan waktu satu minggu. Menurutnya, menekuni seni paper craft memang membutuhkan waktu yang cukup lama karena membutuhkan ketelitian yang tinggi.

Lipat sini lipat sana ala Ganes, jadilah boneka kertas unik ini

Lipat sini lipat sana ala Ganes, jadilah boneka kertas unik ini

Selain membuat gundam dan mengikuti berbagai kompetisi, ciri khas dari karya Ganes pun sangat unik. Jika biasanya paper toys menggunakan objek fiksi, maka Ganes sering membuat karya paper toys dari objek non fiksi seperti paper craft JKT48, Raditya Dika, polisi Indonesia, pria memakai baju adat Bali dan berbagai karya unik lainnya.

Proyek paper toys yang juga berkesan bagi Ganes adalah saat membuat diorama paper toys yang menggambarkan perjalanan keramik dari China ke Nusantara pada abad ke-10. Karyanya itu sebenarnya tugas pameran yang diperolehnya saat kuliah. "Saat itu aku masih pemula dan belum ikut komunitas paper craft," ujar Ganes.

Kini Ganes masih aktif bersama komunitasnya mengikuti berbagai pameran dan kompetisi nasional maupun internasional dan terus membuat karya unik lainnya. Terus berkarya dan berprestasi adalah sesuatu yang sangat lekat dengan sosok Ganes Noviandra.