Brilio.net - Untuk kamu yang ngaku khatam banget tentang Jogja, pasti tidak asing dengan daerah Kasongan yang tersohor karena hasil kerajinan keramik atau gerabah. Saat mengunjungi Kasongan, kita akan disuguhkan deretan toko atau galeri yang menyediakan aneka macam bentuk gerabah atau keramik. Salah satunya adalah di Naga Sakti Kerajinan Keramik.

Di galeri tersebut ada banyak sekali jenis keramik yang ditawarkan, mulai dari vas bunga, guci, celengan, patung, sampai lantai keramik dan tentunya dengan harga yang beragam. "Untuk yang kecil-kecil seperti celengan atau handicraft ya antara Rp 35.000 sampai Rp 100.000. Kalau satu set meja kursi sampai 1,3 juta, karena kualitas kami memang boleh diadu," cerita Anto selaku owner.

Untuk orang awam mungkin sedikit bertanya-tanya ya, apa yang membuat harga pajangan rumah atau suvenir dari keramik bisa mencapai jutaan. Menurut Anto, tingkat kerumitan lah yang memengaruhi harga. Misalnya saja vas yang menggunakan hiasan kaca, otomatis pembuatannya harus dengan tingkat ketelitian yang tinggi dan harus memperhitungkan detail. Belum lagi proses pengecatan yang menggunakan cat dengan kualitas pilihan.

"Kalau di sini sendiri yang paling tinggi harganya itu guci ukurang kurang lebih 2 meter. Itu harganya 4,8 juta, karena pembuatannya rumit dan penyelesaiannya juga butuh waktu," lanjut Anto.

Jadi prinsipnya di sini adalah ada harga ada rupa. Semakin tinggi harganya, pengerjaannya semakin serius dan kualitasnya juga tak tertandingi.