Brilio.net - Pernikahan adalah momen sakral dalam hidup. Rangkaian acara yang digelar untuk membuat janji suci itu tentu saja menjadi momen paling membahagiakan hidup bagi setiap manusia. Namun apa jadinya jika dalam waktu berdekatan dengan acara pernikahan, salah satu mempelai malah meninggalkan pasangannya untuk selama-lamanya. Jadilah itu sebuah pernikahan tragis dalam hidupnya.

Lalu apa saja pernikahan-pernikahan yang pernah terjadi secara tragis itu, berikut brilio.net himpun untuk kamu, Jumat (25/12).

1. Pasangan Rowden & Leizel

Kisah pilu mempelai meninggal dunia, begitu cepat bahagia berubah duka

Pesta pernikahan mempelai di Filipina ini sebetulnya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Namun di tengah jalan, Rowden si mempelai pria ternyata mengindap penyakit yang sangat berat yaitu Liver Stadium IV. Sadar dengan umurnya yang tak lagi lama dan mengingat persiapan pernikahan kian matang, maka Rowden meminta tetap dilangsungkan pernikahan dengan Leizel sebagai permintaan terakhirnya. Pernikahan pun dilangsungkan, dan 10 jam setelah acara ijab kabul, Rowden mengembuskan nafas terakhrinya.


2. Pasangan asal Sidoarjo

Kisah pilu mempelai meninggal dunia, begitu cepat bahagia berubah duka

Apa yang dialami oleh kedua mempelai asal Tambak Sumur, Waru, Sidoarjo ini benar-benar membuat semua orang menangis. Bagaimana tidak, beberapa jam setelah melakukan ijab kabul mempelai pria harus rela kehilangan istrinya karena dipanggil oleh Yang Maha Kuasa. Sontak kepergian mempelai wanita ini membuat tangis seluruh tamu undangan yang hadir dalam acara resepsi pernikahan tersebut. Khumaidi Abdilah, yang saat itu sedang bekerja menata sound dalam pernikahan tersebut mengaku heran tidak percaya. Pasalnya mempelai wanita tidak menujukkan gejala apapun dan dalam keadaan sehat saat melakukan ijab kabul di pagi harinya.

3. Kadek Rai Pridayanti & Dewa Ketut Mahardika

Kisah pilu mempelai meninggal dunia, begitu cepat bahagia berubah duka

Kadek Rai bunuh diri sehari menjelang resepsi pernikahan dengan pacarnya Dewa Ketut. Tidak diketahui alasan yang jelas mengapa perempuan asal Banjar Madangan Kaja, Desa Petak, Kecamatan Gianyar, Bali ini memilih mengakhiri hidupnya. Pridayanti ditemukan meninggal dalam kondisi menggantung di kamar dengan sehelai selendang berwarna hijau, Rabu (20/10/2015) pukul 19.00 Wita sepulang dari rumah pacarnya, Dewa Ketut Mahardika di Desa Sidan Gianyar.

4. Joseph Koh & Edna

Kisah pilu mempelai meninggal dunia, begitu cepat bahagia berubah duka

Mengenakan seragam militer kebanggaannya, Joseph meminang Edna dalam keadaan terbaring lemah rumah sakit akibat kanker prankeas. Rencana tanggal perkawinan mereka sudah ditentukan jauh hari bertepatan dengan hari ulang tahun Edna di Fort Canning, Singapura. Dengan kondisinya yang semakin hari kian memburuk, Joseph memohon kepada dokter agar dia bisa tetap hidup sampai menjelang pernikahannya. Namun rupanya ia sadar tidak punya banyak waktu lagi, dia meminta kepada keluarga dan teman-teman untuk segera melangsungkan upacara pernikahan mereka di rumah sakit dan dihadri kerabat sebanyak 30 orang.

5. Katie Kirkpatrick & Nick

Kisah pilu mempelai meninggal dunia, begitu cepat bahagia berubah duka

Pernikahan mereka dilaksanakan tanggal 11 Januari 2005 di Amerika Serikat. Katie menderita kanker stadium akhir dan menghabiskan beberapa jam setiap harinya untuk terapi. Dalam kesulitannya menahan rasa sakit, kegagalan organ, dan morphin, Katie tetap mau melaksanakan acara pernikahannya bahkan detail acaranya. Gaun pengantin Katie perlu diperkecil beberapa kali karena ia terus menerus menurun berat badannya. Dalam resepsi, Katie perlu beberapa kali istirahat, serta menggunakan kursi roda dan selang oksigen karena ia tidak bisa berdiri lama-lama. Akhirnya, Katie meninggal 5 hari kemudian setelah pernikahannya.

6. Jemma Webb & Alex Bradford

Kisah pilu mempelai meninggal dunia, begitu cepat bahagia berubah duka

Jemma sudah merencanakan pernikahannya jauh-jauh hari. Namun sebulan sebelum pernikahan, kondisi tubuhnya semakin memburuk karena terus digerogoti kanker ovarium. Pernikahan mereka sudah didaftarkan pada tanggal 18  April 2012 di Colehayes Park, Dartmoor National Park, Inggris. Tetapi mengingat kondisinya yang semakin memburuk, pernikahan mereka dimajukan sebulan, di tanggal 17 Maret 2012. Ia pun menyerah dan meninggal pada 18 Maret 2012 pukul 15.00 waktu setempat, hanya 90 menit sebelum pernikahan.

7. Andrew Chan & Febiyanti Herewila

Kisah pilu mempelai meninggal dunia, begitu cepat bahagia berubah duka

Putusan hukuman mati Chan sudah dipastikan dan tidak bisa diganggu gugat. Dalam keadaan yang tinggal menghitung hari itu, sesuai undang-undang, Chan diberi kesempatan untuk mengajukan permintaan terakhirnya. Meski sempat permintaannya dianggap mengada-ada, namun akhirnya dikabulkan. Akhrinya Chan menikahi Febiyanti Herewila, gadis asal Yogyakarta, pada Senin (27/4/2015) di Lembaga Pemasyarakatan Besi, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Sedangkan eksekusi Chan dilakukan pada Selasa (28/4/2015).

8. Iveta Kelesova & Mikulas Keles

Kisah pilu mempelai meninggal dunia, begitu cepat bahagia berubah duka

Pernikahan Iveta Kelesova dengan Mikulas Keles, di Kapel Rumah Sakit Royal Marsden, Inggris, pada tahun 2013. Beberapa hari kemudian, Iveta meninggal dunia setelah dokter gagal mendeteksi adanya kanker dalam tubuh Iveta. Padahal sebelumnya, Iveta sudah enam bulan bolak-balik ke rumah sakit untuk mengeluhkan semua gejala yang dialaminya.