Brilio.net - Pascamengislamkan panglima pasukan Bizantium Romawi, Georgius dan memukul mundur pasukan tersebut dalam perang Yarmuk, datanglah berita mendadak kepada Khalid ibnu Walid yang dibawa seorang kurir dari Madinah. Ternyata surat itu datang dari khalifah baru Umar ibnu Khaththab, pengganti Abu Bakar As Sidiq yang baru saja wafat. Surat itu berisi pencopotan dirinya sebagai panglima perang dan digantikan oleh Abu Ubaidah ibnu Jarrah.

Khalid punya rencana sendiri, ia tak langsung mematuhi isi surat itu dan meminta sang kurir tak segera kembali ke Madinah, serta merahasiakan kematian Abu Bakar berikut isi surat perihal pencopotan Khalid tersebut. Khalid lantas meneruskan kepemimpinannya hingga pertempuran berakhir yang hasilnya pasukan Romawi mundur lepas komando.

Pascaperang, barulah Khalid menemui Abu Ubaidah untuk menyampaikan isi surat dari khalifah tersebut. Khalid dengan lapang menaati isi surat dari khalifah Umar itu karena Khalid telah menaruh percaya pada Umar. Khalid meyakini keputusan Umar ini bukan atas dasar sentimen pribadi sebab renggangnya hubungan mereka.

BACA JUGA:

Kisah Khalid & gelar Pedang Allah yang bikin penasaran panglima Romawi

Loading...

Kisah perpindahan agama seorang panglima di tengah tengah perang

Kisah Perang Hunayn, kemenangan kaum muslim yang sempat tercerai berai

Kisah Asmai kalahkan ratusan penyair berkat syair burung bulbul

Kisah kesederhanaan wali kota di tengah penduduknya yang pemberontak