Brilio.net - Kesederhanaan Presiden Joko Widodo atau Jokowi memang telah banyak diakui dan diperbincangkan banyak orang. Sejak resmi menjadi orang nomor satu di Indonesia, Jokowi kerap menonjolkan sisi sederhana dari dirinya. Hal itu juga sering dilakukannya saat masih menjabat sebagai wali kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta.

Pria asli Solo ini seolah-olah tak pernah segan untuk berbaur dengan warga sekitar. Beberapa netizen bahkan kerap 'memergoki' Jokowi sedang asyik melakukan kegiatan bagaikan orang biasa, tanpa pengawalan dan tanpa kehebohan. Seperti momen yang ditangkap oleh salah satu netizen baru-baru ini.

Dilansir oleh brilio.net dari akun media sosial bernama Erizeli Jely Bandaro, Sabtu (30/1), terlihat sebuah foto Jokowi. Dalam foto itu terlihat Jokowi sedang khusyuk berdoa dalam sebuah masjid, berdoa bersama para jamaah masjid lainnya. Foto kesederhanaan ini sontak membuat media sosial ramai. Terbukti lebih dari 1.600 netizen ikut membagikan foto ini.

Beberapa netizen bahkan mengungkapkan kekaguman lewat kolom komentar. "Contoh yang patut diajarkan kepada semua anak anak Indonesia. Dimata Tuhan semua manusia sama derajatnya," ujar salah satu netizen bernama Tan Manaseh. "Jadi inget slogan zaman kampanye "Jokowi adalah kita". Aktual sampe sekarang ternyata, bukan omong kosong. Alhamdulillah," sambung netizen lainnya.

BACA JUGA: Melaju di tengah kemacetan, mobil Jokowi tak pakai sirine

Loading...

Namun walau banyak yang memuji, banyak pula yang berusaha mengungkap fakta dari foto itu. Beberapa netizen mengatakan jika foto itu adalah foto lama ketika Jokowi masih menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Kesederhanaan Jokowi ini disamakan netizen dengan mantan presiden Iran

foto: facebook.com/erizeli.bandaro / sfgate.com/repro.

"Foto itu sepertinya di masjid bandara Soetta dan diambil sebelum beliau jd presiden, kayaknya saat terpilih jadi gubernur DKI pada 2012. Dulu sempat ramai juga diperbincangkan," kata seorang netizen bernama Dhuha Hadiyansyah.

Terlepas dari lama atau barunya momen tersebut, tampaknya Jokowi memiliki sifat kesederhanaan yang hampir mirip dengan mantan presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad. Ketika menjabat Ahmadinejad juga diakui sebagai sosok yang sederhana.

BACA JUGA: Komentar kocak anak bungsu Jokowi undang tawa netizen

Ahmadinejad berbaur layaknya warga biasa. Bahkan ketika itu Ahmadinejad tidak pernah mengambil gajinya sebagai kepala negara, dia malah mengandalkan bayaran menjadi dosen tetap di almamaternya Universitas Teheran, meski hanya Rp 2,3 juta.

Bagaimana guys, kamu setuju kalau kesederhanaan presiden Jokowi layak disejajarkan dengan Mahmoud Ahmadinejad?