Brilio.net - Ngomongin Android, setuju dong kalau sistem besutan Google ini merupakan sistem operasi nomor satu di dunia? Sistem operasi ini bahkan diadopsi oleh mayoritas produk smartphone yang beredar, dari mulai Samsung, Nokia, Lenovo, LG, Xiaomi dan lain-lain. Bahkan karena Android pula, smartphone dengan layar yang lebar menjadi tren belakang ini. Tapi kamu tahu nggak alasan di balik layar lebar smartphone Android?

Dikutip brilio.net dari The Wall Street Journal, Kamis (28/5), pada awalnya, ketika layar HP tidak berlayar lebar seperti sekarang, para pengguna HP malas untuk melakukan transaksi jual beli dari HP-nya. Hal ini membuat pendapatan Google dari iklan mengalami penurunan, ditambah para pengiklan yang nggak mau mengeluarkan biaya untuk beriklan pada Google versi mobile.

Hal ini pula lah yang menyebabkan Google melakukan survey mengenai apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh para pengguna. Nah, berdasarkan hasil survei, Google mulai mendorong para vendor untuk menciptakan gadget dan smartphone dengan layar lebar. Karena dengan layar yang lebar, para pengguna akan 'rela' menjalani proses transaksi karena form yang tertampang jelas di ponsel mereka yang berukuran besar.

Dan sejak pertama kali diperkenalkan Samsung, ponsel layar lebar pun menjadi primadona yang pada akhirnya berujung pada semakin meningkatnya pendapatan Google dari bisnis iklan. Bahkan tarif iklan Google mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya. Nah, sudah tahu kan alasan di balik pembuatan layar besar Android?

(brl/gib)