Brilio.net - Teka-teki silang atau TTS adalah suatu permainan di mana kamu harus mengisi ruang-ruang kosong (berbentuk kotak putih) dengan huruf-huruf yang membentuk sebuah kata berdasarkan petunjuk yang diberikan.

Petunjuknya biasa dibagi ke dalam kategori 'mendatar' dan 'menurun' tergantung arah kata-kata yang harus diisi. Tapi, tahukah kamu siapa penemu permainan teka teki silang ini?

Dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (12/6) pada 2 Desember 1913, ialah Arthur Wynne menerbitkan TTS dalam majalah New York World dengan format seperti yang kita kenal saat ini. Teka-teki ini, yang bisa dilihat di Crossword Tournament, sering disebut sebagai TTS pertama, dan Wynne sebagai penemunya.

Penemuannya itu dipicu ketika koran tempatnya bekerja memintanya membuat sebuah permainan untuk dimuat. Wynne kemudian mendapat ide dari permainan yang sering ia temui saat masa kanak-kanak, yakni kotak ajaib (Magic Squares), yang merupakan permainan kata-kata yang mengharuskan pemain menyusun kata agar sama mendatar dan menurun hingga membentuk kotak.

Permainan itu lalu ia ubah menjadi teki-teki silang, dan TTS tersebut dimuat pertama kali di harian New York World edisi 21 Desember 1913.

TTS kemudian menjadi fitur mingguan di majalah tersebut. Buku kumpulan TTS pertama terbit pada 1924, diterbitkan oleh Simon and Schuster. Bukunya terbukti laris dan TTS menjadi salah satu benda terpopuler pada tahun 1924.

Di Indonesia baru sekitar tahun 70-an TTS mulai banyak dikenal. Pada tahun 1970-an di Jakarta terbit "Asah Otak", sebuah majalah TTS dan berbagai teka-teki lainnya. Penerbitan ini ternyata sukses sehingga banyak terbitan serupa yang segera mengikutinya.

HOT HOT NEWS:

Dokter ini sebut bisa prediksi umur manusia! Begini caranya

5 Artis top Indonesia yang meninggal di usia muda

Ini alasan di balik pemberian tonjolan pada huruf F dan J di keyboard

Kontroversi surat terbuka Anggun C Sasmi ke Presiden Jokowi

Ditembak berkali-kali, prajurit Kopassus masih bisa melawan Fretilin

HOT NEWS:

Hampir 100 kali anggota badan dipotong, wanita ini tetap gigih bekerja

Beredar foto Eri Yunanto sebelum terjatuh ke kawah Merapi

Misteri kematian Galang Rambu Anarki, asma atau narkotika?

Ini bahaya pakai aplikasi tebak umur di foto, how-old.net, hati-hati!

Kasih ibu sepanjang masa,umur 101 tahun rawat anak cacat usia 63 tahun

HOT NEWS:

VIDEO: Kisah sepasang sepatu bekas yang akan membuatmu menangis

Ini penjelasan kenapa sosok ayah tak tampak di biskuit Khong Guan

5 Sinetron lawas yang perlu kamu tonton kembali karena pesan moralnya

Berbisnis sejak kelas 3 SD, Ayu kini beromzet Rp 60 juta per bulan

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak