Brilio.net - Siapa yang tak kenal Naruto? Kartun yang hampir setiap hari menghiasi layar kaca ini disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan, baru-baru ini serial kartun karangan Kishimoto Masashi itu meraih penghargaan sebagai kartun terfavorit anak-anak Indonesia.

Selain di Jepang dan Indonesia, manga Naruto ternyata juga sangat populer di berbagai belahan dunia. Komik Naruto telah terjual lebih dari 130 juta kopi di Jepang pada November 2014, termasuk 12 juta volume di Amerika Utara dan 17 juta di Prancis. Pada September 2014, komik Naruto memecahkan rekor penjualan dengan total 200 juta kopi.

Kesuksesan serial kartun Naruto tersebut tentu tidak lepas dari tangan dingin sang kreator, Kishimoto Masashi. Saat diwawancarai nippon.com, dia mengakui bahwa ada sejumlah manga yang menginspirasi karyanya. Namun, karya yang benar-benar menginspirasi dirinya sebagai seorang seniman manga adalah Dragon Ball, karya ciptaan Toriyama Akira.

Masashi juga membeberkan alasan di balik pemilihan cerita ninja dalam komiknya tersebut. Meski demikian, dia kurang begitu menyukai penggambaran penampilan dan karakter ninja yang selama ini berkembang di Jepang. Itu sebabnya, penampilan ninja dalam Naruto tidak seperti ninja di komik-komik Jepang.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

"Aku punya semacam sikap menantang ide para pengarang kebanyakan yang menulis kisah ninja Jepang. Maksudku, dia (Naruto) punya rambut pirang dan mata biru. Dia juga memakai baju oranye, berperilaku flamboyan, dan penuh percaya diri. Saya ingin membuat manga 'pop' yang berbeda dari konsep standar ninja di kepala mereka," ujarnya seperti dikutip brilio.net dari nippon.com, Jumat (12/6).

BACA JUGA:

VIDEO: Kisah haru bocah hafalkan Al-Fatihah demi kirim doa ke ibunya

Hafit, bocah SD yang kayuh sampan 2 jam seberangi lautan ke sekolah

Bocah SD jualan gorengan demi menghidupi ibu dan kakak, salut!

Bocah ini sumbangkan 25 cm rambutnya kepada penderita kanker

Bocah usia 9 tahun ini membangun rumah untuk gelandangan

(brl/pep)