Brilio.net - Kamu pasti menilai biasa jika penjual gorengan menggunakan kantong plastik sebagai pembungkus. Namun, bagaimana jika ada penjual gorengan yang membungkus makanan memakai kantong muntah (airsickness bag) yang biasanya disediakan di pesawat?

Peristiwa nyata ini dialami netizen Ratu Fauziyah Vitaloka. Lewat sebuah grup Facebook, ia membagikan pengalamannya saat membeli gorengan di Tangerang dan dibungkus memakai kantong mabuk udara tersebut.

"Untuk teman-teman yang naik pesawat jangan gunakan kantong muntah untuk bungkus makanan. Kalau kantong ini kena basah akan mengeluarkan antiseptik," tulis Ratu Fauziyah mengawali statusnya seperti dikutip brilio.net, Rabu (23/3).

Lebih lanjut, Ratu Fauziyah juga memaparkan jika ada temannya yang seorang dokter pun tidak mengetahui mengenai kantong muntah tersebut sehingga gemar memakainya. Untung ada teman Ratu Fauziyah yang bekerja di Garuda menjelaskan bahwa kantong muntah memang terlihat bersih tapi ketika dibaca dengan jeli, di kantongnya tertulis mengandung antiseptik.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

bungkus gorengan pakai kantong muntah © 2016 brilio.net

Sontak kejadian yang dialami Ratu Fauziyah itu menuai respon dari netizen lain. Sebagian netizen mempertanyakan kandungan antiseptik yang ada pada kantong muntah. Sementara yang lain mengkhawatirkan antiseptik yang digunakan tidak sesuai food grade karena dikhususkan untuk airbag sickness bukan untuk makanan.

"Cuma sebagai gambarannya dulu di perusahaan saya bekerja, kami memakai klorin dengan produk bernama XY-12 untuk mencuci produk makanan (daging ayam dan telur). Klorin tersebut berbeda dengan klorin yang digunakan untuk membersihkan lantai area produksi (seperti produk karbol yang di jual bebas)," tulis akun Helmi Ahmad Fadlillah.

Sementara netizen lainnya menilai jika mengandung antiseptik saja justru bungkus itu lebih bagus daripada kertas koran bekas. Sebab, saat cuci piring dan gelas, mandi, serta gosok gigi, semua menggunakan bahan yang masuk kategori antiseptik.

Wah, kalau menurutmu bagaimana polemik membungkus gorengan dengan kantong muntah ini?

(brl/fen)