Brilio.net - Untuk pertama kalinya, tanggal 22 Oktober ini para santri pesantren sedang merayakan diresmikannya Hari Santri Nasional. Tanggal 22 Oktober ini, presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendeklarasikan Hari Santri Nasional di Masjid Istiqlal Jakarta. Meski begitu, aroma kemeriahan Hari Santri Nasional sudah ada sejak beberapa hari sebelumnya.

Sederet pejabat, artis, hingga orang terkenal lainnya ternyata pernah merasakan hidup menjadi santri. Nah, berikut deretan pejabat hingga artis yang pernah jadi santri:

1. Mahfud MD

foto: merdeka.com


Siapa sangka, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini ternyata merupakan santri. Bahkan dalam suatu kesempatan, dirinya menyatakan jika lebih senang disebut lulusan air langgar (pesantren) daripada disebut lulusan universitas.

2. Lukman Hakim Saifuddin

foto: kemenag.go.id


Menteri Agama di Kabinet Kerja ini juga santri. Lukman Hakim dulunya merupakan santri Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor. Bahkan saat di Gontor, Lukman Hakim juga dikenal sebagai aktivis Pramuka. Tak hanya itu, Lukman Hakim saat menduduki kelas V Kulliyatul Mu'allimin al-Islamiyah (KMI) kerap diperintah almarhum KH Imam Subakir untuk menyopiri mobil di Gontor.

3. Saifullah Yusuf


Wakil Gubernur Jawa Timur dua periode ini juga merupakan santri pesantren. Hidup di lingkungan pesantren, Saifullah Yusuf juga pernah merasakan bagaimana aktivitas santri di pesantren. SD hingga SMA, Gus Ipul, sapaan Saifullah Yusuf, menempuh pendidikan di pesantren di Jombang.

4. Hanif Dakhiri

foto: merdeka.com


Hanif Dakhiri yang kini menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja Kabinet Kerja ini juga santri. Ia pernah merasakan menjadi santri di Pondok pesantren Al Muayyad Solo. Bahkan Hanif Dakhiri bercerita jika dulu sewaktu SMA pernah digunduli gurunya. Sifat kepemimpinannya juga sudah terlihat sejak sekolah, terbukti Hanif Dakhiri menjadi ketua kelas saat SMA.

5. Maftuh Basyuni

foto: kemenag.go.id


Menteri Agama RI tahun 2004-2009 ini juga merupakan santri pesantren. Maftuh Basyuni dulu pernah mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Modern Gontor selama 3 tahun sebelum melanjutkan studinya ke Pondok Pesantren Al-Munawwir, Krapyak, Yogyakarta.


Tak hanya para pejabat di atas, sederet artis berikut ternyata juga pernah merasakan jadi santri pesantren.

2 dari 2 halaman



6. Julia Perez

foto: Youtube


Siapa yang tak kenal Julia Perez? saat menyebut artis seksi, maka perempuan yang pernah dekat dengan pemain sepak bola ini pasti masuk dalam hitungan. tapi siapa sangka ternyata Julia Perez pernah menyandang status santri. kehidupan Jupe, panggilan Julia Perez, sebagai santri ini terkuak dengan beredarnya foto dirinya saat masih jadi santri di media sosial. Nggak nyangka banget!

7. Dewi Persik


Pemilik suara merdu ini ternyata juga pernah merasakan hidup di pesantren. Wajar saja jika Dewi Persik dengan percaya diri pernah berani menunjukkan kemampuannya membaca Alquran di depan umum. Dan terbukti ia memang bisa membaca Alquran, bahkan dengan suara yang merdu.

8. Nikita Mirzani

foto: dream.co.id


Artis yang selalu tampil seksi ini juga merupakan santri pesantren. Fakta itu disampaikan oleh Ustadz Maulana dalam sebuah kesempatan. "Ternyata Nikita pernah pesantren di Gontor 2 tahun," kata Ustaz Maulana dalam suatu kesempatan.

9. Aura Kasih

foto: kapanlagi.com


Artis selanjutnya yang ternyata juga pernah jadi santri adalah Aura Kasih. Ia mengaku menghabiskan masa kecil hingga remaja di salah satu pesantren. Ia mengaku sudah bisa mengaji sejak SD. Perubahan pada diri Aura mulai terlihat saat ia hijrah ke Bandung Jawa Barat untuk menuntut ilmu. Aura mengatakan keimanannya sedikit demi sedikit terkikis oleh kehidupan glamor masyarakat kota.

10. Band Wali

foto: m.selebuzz.com


Semua personel grup band Wali, yaitu Fa’ank, Apoy, Ovie dan Tomi rupanya pernah merasakan pendidikan di dunia pesantren. Mereka semua pernah merasakan jadi santri di Pondok Pesantren La Tansa, Lebak, Banten. Tak heran jika penampilan mereka ini begitu agamis. Mereka juga beberapa kali mengeluarkan lagi religi. Bahkan kisah mereka di pesantren pernah diangkat ke layar lebar.

Nah, itulah sederet tokoh dan artis yang pernah hidup di pesantren. Biasanya label santri masih tetap melekat padanya meskipun sudah keluar dari pesantren. Meski begitu, ada juga orang-orang yang secara penampilan sangat berbeda dengan santri pada umumnya.