Brilio.net - Sesuai dengan laporan dari badan astronomis, Sabtu (4/4) mulai pukul 17.15 akan terjadi gerhana bulan total. Puncaknya sendiri terjadi mulai pukul 19.01 hingga 20.44 WIB. Gerhana bulan kali ini bisa disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai penjuru.

Bertepatan dengan peristiwa tersebut, Kementerian Agama Republik Indonesia menganjurkan umat Islam untuk melakukan solat sunah gerhana secara bersamaan sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW dan juga diimbau untuk bertakbir terlebih dahulu.

Selain itu umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak zikir, doa, istigfar, sedekah dan melakukan amal kebajikan lainnya. Demikian seperti yang tertulis dalam situs resmi Kementerian Agama Republik Indonesia.

Gerhana bulan sering disebut sebagai bulan merah darah (blood moon), hal ini dikarenakan warnanya yang berubah menjadi merah seperti darah. Penjelasan ilmiahnya adalah karena cahaya matahari dibelokkan oleh atmosfer bumi sehingga bulan tertutup dan berubah warna menjadi menjadi merah. Gerhana bulan total selanjutnya kemungkinan besar akan terjadi pada 28 September 2015.

Imbauan untuk menunaikan sholat sunah ini juga disampaikan pemilik akun Angelica Popy dalam Grup Facebook Info Cegatan Solo dan Sekitarnya. Dalam akunnya, Popy menuliskan bahwa sebaiknya saat blood moon umat Islam melakukan sholat berjamaah.

Loading...

 BACA JUGA

Ini mitos dari berbagai negara tentang gerhana bulan

4 Artis ini meninggal dunia di hari Jumat

5 Artis top Indonesia yang meninggal di usia muda

Waduh, bumi ternyata benar-benar hampir kiamat tahun 2012 lalu

Ini 7 sifat baik Farhat Abbas yang perlu kamu tiru