×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini penyebab masuk angin sebenarnya, kamu harus tahu

View Image

0

BRILIO » News

Ini penyebab masuk angin sebenarnya, kamu harus tahu

Tidak sedikit orang yang salah kaprah dengan pengertian masuk angin.

02 / 11 / 2015

Brilio.net - Istilah masuk angin sangat populer. Kita kerap mendengar bahkan mengucapkannya. Hampir semua orang pernah mengalami masuk angin. Masuk angin sepertinya tak pandang bulu, usia, jenis kelamin, dan suku. Ciri-cirinya antara lain badan tidak enak, suhu badan naik turun,  dan perut kembung. Lalu apa sih sebenarnya masuk angin itu? Apa perutmu kemasukan angin jadi kembung?

Menurut dr. Aziz Ramadhan, dokter yang bertugas di salah satu rumah sakit swasta di Jogja Senin (2/11), tidak ada istilah masuk angin dalam dunia medis. Jika diterjemahkan secara sederhana, 'masuk angin' seolah-olah kita artikan sebagai masuknya angin ke dalam tubuh secara tidak normal, baik jumlahnya ataupun tempat penumpukannya.

Padahal bukan demikian makna sebenarnya masuk angin. Tahukah kamu saluran nafas dan paru-paru, memang harus kemasukan udara atau oksigen. Jika saluran nafas dan paru-paru kita nggak diisi udara atau oksigen, kita tentu sudah mati.

Masuk angin sebenarnya bukan angin yang masuk ke dalam tubuh. Akan tetapi pembuluh darah di kulit mengalami penyempitan karena otot kekurangan oksigen sehingga terjadi nyeri.  Aziz menuturkan penyempitan pembuluh darah bisa terjadi salah satunya karena sensitifnya kulit pada udara atau angin dingin. Sehingga kulit bereaksi dengan cara mempersempit pembuluh darah. "Penyempitan juga bisa terjadi kalau badan kita kurang gerak," terang Aziz kepada brilio.net.

Nah, masuk angin juga biasanya merupakan awal dari penyakit lainnya mulai dari penyakit ringan hingga berat. Mulai dari flu, diare, gangguan pencernaan, tifus, hingga penyakit jantung. Semua penyakit tersebut memiliki gejala awal seperti masuk angin.

Loading...

"Makanya itu, saat ada pasien periksa seringkali pasien mengeluh masuk angin, dokter harus bertanya lebih lanjut lagi. Apa ada gejala-gejala lainnya, karena bisa jadi itu adalah gejala awal penyakit berat," lanjut Aziz

Bagi masyarakat Indonesia, kata masuk angin sudah mendarahdaging dan menjadi bagian dari budaya bangsa. Bahkan bisa jadi tidak dapat dihilangkan istilah itu. Banyak sekali variasi keluhan dan gejala penyakit yang bisa membuat seseorang merasa masuk angin. Mulai sekarang kamu harus berhati-hati. Jika ada orang sekitarmu mengeluh masuk angin, jangan anggap sepele karena berpotensi ada penyakit lain yang menjangkit. Tak ada salahnya segera periksa ke dokter jika masuk anginmu itu tak kunjung sembuh.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    33%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more