Brilio.net - Berbicara mengenai wanita karir, banyak yang berpendapat bahwa Islam tidak memperbolehkan hal itu. Tentunya dengan beberapa alasan yang masuk akal. Ada yang berpendapat bahwa Islam melarang wanita bekerja karena kodrat wanita adalah mengurus rumah tangga, ada juga yang menganggap bahwa boleh saja wanita bekerja asal bisa tetap menjaga diri, dan pendapat-pendapat lain.

Sementara itu, dilansir dari buku yang berjudul Tentang Perempuan: dari Seks dalam Rumah Tangga Hingga Bohong pada Suami yang ditulis oleh Awy A Qolawun, Selasa (30/6) mengungkapkan bahwa wanita boleh saja bekerja asal memenuhi empat syarat berikut.

1. Mendapat izin dari suami untuk bekerja

2. Saat bekerja tidak keluar dan tidak melanggar adab-adab Islami dan juga moral yang berlaku. Misalnya tetap menutup aurat, tidak bercampur dan berduaan dengan lawan jenis, dan pekerjaannya tidak menganggu ibadahnya.

3. Pekerjaan yang dipilihnya tidak melewati kodrat penciptaan dan juga jendernya sebagai wanita. Misalnya saja sebagai guru, perawat, bidan, dan dokter.

Loading...

4. Jika wanita tersebut statusnya sebagai ibu, maka dia tidak boleh melupakan kewajiban utamanya sebagai ibu rumah tangga yang mengasuh dan mendidik anak dan menjaga rumah suaminya.

Dalam buku tersebut juga menambahkan bahwa sebenarnya tugas terbesar dan yang paling mulia bagi seorang wanita adalah sebagai ibu yang mendidik anaknya sejak melahirkan sampai sang anak dilepas untuk melanjutkan kehidupannya sendiri. Jadi nih untuk kamu para wanita, boleh saja kamu bekerja asal tidak melupakan kewajiban dan kodratmu yang sebenarnya ya.

BACA JUGA:

Di zaman Muhammad SAW, imsak ditandai selesainya bacaan quran 50 ayat

Hindari minum teh saat sahur, ini alasannya

Ini kenapa bulan dalam kalender Jawa mirip dengan kalender Hijriyah

Evolusi hijab dari masa ke masa di Indonesia, cantik dan bikin gemes

Ini proses pengamatan bulan untuk menentukan awal Ramadan dan Syawal

Ini kota di Amerika yang menerapkan hukum syariah Islam

Ini dia sahur ala anak kos masaknya pakai rice cooker dan setrikaan