Brilio.net - Menjadi seorang pegawai negeri sipil merupakan impian sebagian dari rakyat Indonesia. Sehingga kabar tentang pendaftaran CPNS menjadi salah satu berita yang begitu dinanti. Terlebih tersiar informasi jika lowongan CPNS 2015 kali ini akan mencapai 134.000 formasi.

Berkaca dari berbagai kasus penipuan sebelumnya, pada Jumat (12/6) brilio.net merangkum beberapa metode penipuan, yang biasanya dilakukan oleh oknum nakal menjelang penerimaan pendaftaran CPNS pada bulan Agustus 2015. Berikut inilah beberapa modus penipuan yang sering terjadi menjelang pendaftaran CPNS, sebagaimana dirilis Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui laman sosial resminya.

1. Menawarkan SK palsu

Ini kumpulan modus penipuan bagi para CPNS, ingat baik-baik!

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Ini kumpulan modus penipuan bagi para CPNS, ingat baik-baik!

Oknum biasanya memberikan Surat Keterangan (SK) CPNS palsu yang terdiri dari dua rangkap, padahal sebenarnya SK yang sah itu harusnya sama seperti ijazah, yang hanya selmbar saja dan dicetak di kertas tebal serta ada barcodenya. Terkadang juga ada SK palsu, yang dibuat tanpa keterangan gaji, tanpa barcode, dan tanpa keterangan lain yang seharusnya ada.

2. PNS melalui "jalur kebijakan"

Ini kumpulan modus penipuan bagi para CPNS, ingat baik-baik!

Oknum biasanya memberikan iming-iming bahwa ada jalur mendaftar CPNS bernama "jalur kebijakan" yang tanpa melalui tes, namun harus dengan membayar uang hingga ratusan juta. Hal ini langsung dibantah oleh BKN bahwa tidak ada penerimaan tanpa tes. Semua harus dan pasti melalui tes.

Alur yang benar dalam mendaftar sebagai peserta seleksi CPNS, adalah sebagaimana tertera seperti di gambar, yang berikut ini:

Ini kumpulan modus penipuan bagi para CPNS, ingat baik-baik!

BACA JUGA:

Anak yang sering makan fast food tingkat kecerdasannya lebih rendah

Mahasiswa ini temukan tabungan sampah, cara cerdas peduli lingkungan

7 Hal menyedihkan yang hanya bisa dirasakan orang-orang cerdas

Hikmah si kakek tua buat gadis cerdas ber-IPK 3,7

Ladies, pria ingin pasangan hidup yang cerdas, bukan ukuran fisik saja

Komunitas ini rutin bagikan buku untuk cerdaskan anak pedalaman, top!

(brl/pep)