Brilio.net - Olahraga balap Indonesia diharumkan oleh sosok Rio Haryanto. Pebalap berkebangsaan Indonesia yang kini membalap di ajang GP2 Series bersama tim EQ8 Caterham Racing ini, memang memiliki prestasi yang gemilang.

Rio merupakan pebalap asal Indonesia pertama yang bisa membalap di level GP2. Pemuda kelahiran Solo, Jawa Tengah, 22 Januari 1993 ini, juga jadi pebalap Indonesia pertama dalam sejarah yang bisa menjajal mobil Formula One.

Tak hanya itu, para pendukungnya juga percaya bahwa ia merupakan sosok yang berpotensi menjadi wakil Asia di ajang Formula One di masa depan. Pada tahun 2011, Rio berpartisipasi di ajang GP3 Series bersama tim Marussia Manor Racing dan di seri Auto GP bersama tim Driot-Arnoux Motorsport (DAMS).

Rio mengawali karier di balap gokart pada tahun 2002 dengan Juara Nasional Go-kart kelas kadet. Kini Rio bertekad untuk menjadi pembalap andal di ajang F1.

Namun risiko jadi pebalap seperti Rio cukup besar. Bagaimana tidak, kecepatan balap Rio saat di sirkuit bisa kecepatan 315 km/jam. Karenanya ia membutuhkan fokus yang sangat tinggi saat dalam balapan.

Dan ada kebiasaan menarik yang sering dilakukan Rio, saat menjelang pertandingan pada mobilnya? Kebiasaan unik ini diunggah perusahaan minyak bumi dan gas yang mensponsorinya pada Selasa (1/9) pada akun sosialnya.

"Dalam menghadapi situasi yang sangat berbahaya, yang bisa nenangin Rio itu doa semuanya dan ayat kursi yang nempel di kokpit mobil balapnya Rio," tulis perusahaan tersebut dalam akun sosialnya. Kamu nggak percaya coba perhatikan foto berikut ini:

Ini 'jimat' Rio Haryanto di lintasan balap, kamu nggak nyangka kan?

(brl/swh)

(brl/swh)