Brilio.net - Kecanggihan iPhone tentu sangat memanjakan para penggunanya, salah satunya adalah virtual personal assistant yang bernama Siri. Pada awal kemunculannya di perangkat iPhone 4S pada tahun 2011, nama Siri sudah banyak diperbincangkan di seluruh dunia. Banyak pengguna iPhone yang sedikit penasaran siapakah sosok pengisi suara virtual Siri tersebut.

CNN pada 4 oktober 2013 berhasil menguak sosok sebenarnya di balik suara virtual Siri tersebut. Dia adalah aktris sulih suara bernama Susan Bennett. Dalam program acara NEWDAY yang ditayangkan secara live oleh CNN, tema yang diangkat adalah bertemu Siri, perempuan di belakang suara Siri. Wanita yang tinggal di pinggiran Kota Atlanta ini mengaku delapan tahun lalu mengisi suara untuk suatu proyek yang tidak dia ketahui.

Kisah tentang bagaimana Bennett menjadi suara ikonik ini dimulai pada tahun 2005. Saat itu ScanSoft, sebuah perusahaan perangkat lunak, sedang mencari pengisi suara untuk sebuah proyek baru. Selanjutnya pada bulan Juni 2005 Bennett menandatangani kontrak dengan ScanSoft sebagai pengisi suara.

Bennett mengisahkan, ia harus mengulang kata-kata yang tidak masuk akal dan frasa-frasa lainnya dengan mengubah-ubah nada dan kecepatan suaranya, kemudian merekam suaranya empat jam dalam sehari selama satu bulan penuh.

Wanita yang telah banyak mengisi suara untuk berbagai iklan, sistem GPS dan terminal maskapai penerbangan Delta di seluruh Amerika Serikat ini mengaku tidak pernah tahu persis suaranya akan digunakan untuk apa. Apple sendiri sejauh ini tak ingin mengungkap identitas pemilik suara asli Siri.

Loading...

Simak selengkapnya video di bawah ini.