Brilio.net - Menjadi anak muda apalagi mahasiswa tentunya ingin punya uang lebih. Nggak mau dong terus-terusan meminta uang kepada orangtua untuk memenuhi segala kebutuhanmu. Nah salah satu jalan untuk mendapat penghasilan tambahan tersebut tentunya dengan bekerja paruh waktu.

Di era serba modern saat ini dengan internet di mana-mana, tentunya mencari pekerjaan sampingan bukan hal yang sulit. Berbagai lowongan pekerjaan tersebar di mana-mana dengan gaji yang cukup menggiurkan. Daripada bingung yuk cek di bawah ini pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan dengan penghasilan lumayan.

1. Fotografer

Ini dia 5 pekerjaan sampingan dengan gaji lumayan, pas buat mahasiswa!

Orang Indonesia sangatlah narsis, mereka tak mau melewatkan segala momen tanpa adanya dokumentasi. Peluang ini bisa kamu ambil jika kamu memang memiliki ketertarikan besar di dunia fotografi. Jangan salah menjadi seorang fotografer, kamu bisa mengantongi ratusan ribu rupiah untuk sekali proyek. Selain menguntungkan, menjadi fotografer juga akan mengasah kemampuanmu di dunia fotografi.

2. Content writer

Ini dia 5 pekerjaan sampingan dengan gaji lumayan, pas buat mahasiswa!

Kamu pasti sering melihat di media sosial bahwa bisnis media online saat ini berkembang cukup pesat. Nah mengapa kamu tidak manfaatkan peluang tersebut dengan menjadi penulis lepas untuk media? Gaji yang didapat cukup besar lho, satu tulisan bisa dihargai Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Coba hitung berapa banyak uang yang bisa kamu peroleh dalam satu bulan jika kamu bisa menulis setidaknya lima tulisan per hari? Menjadi penulis, selain mengasah kemampuan, juga bisa memberi banyak ilmu karena kita dituntut untuk banyak membaca berbagai literatur.

3. Programmer

Ini dia 5 pekerjaan sampingan dengan gaji lumayan, pas buat mahasiswa!

Bagi kamu mahasiswa jurusan komputer atau teknik informatika, tentunya tak akan menyiakan-nyiakan ilmumu hanya di teori saja. Kamu harus mempraktekannya di dunia luar dengan mencoba menjadi programmer. Kamu bisa menetapkan harga untuk sekali proyek karena saat ini banyak sekali orang yang tertarik untuk membuat program sendiri. Di sanalah kamu bisa masuk menawarkan jasamu tentunya dengan imbalan yang cukup besar.

4. Penjual online

Ini dia 5 pekerjaan sampingan dengan gaji lumayan, pas buat mahasiswa!

Banyaknya media sosial yang berkembang saat ini seperti Facebook, Twitter, Line, Whatsapp tentunya harus kamu optimalkan dengan baik. Jangan melulu ngepoin mantan saja, namun media sosial bisa digunakan untuk berjualan online berbagai barang. Mulai dari baju, sepatu, makanan hingga kendaraan. Hasil yang diperoleh dari berjualan secara online pun juga banyak, jika ditekuni, kamu bisa dapat penghasilan hingga jutaan rupiah.

5. Guru les privat

Ini dia 5 pekerjaan sampingan dengan gaji lumayan, pas buat mahasiswa!

Sebagai seorang mahasiswa tentunya sayang jika ilmu kamu tidak disalurkan pada orang lain. Oleh karena itu, menjadi guru privat menjadi salah satu jalan untuk menyalurkan ilmumu dan mengasah kemampuan mengajarmu. Gaji yang diperoleh seorang guru privat cukup besar lho. Para orangtua tak segan-segan menggajimu dengan Rp 30.000 hingga Rp 50.000 untuk satu kali pertemuan. Coba bayangkan berapa banyak gaji yang akan kamu terima jika bisa mengajar selama lima hari dalam seminggu setiap bulannya? Cukup banyak kan?