Brilio.net - Bulan Ramadan telah tiba. Di bulan yang mulia ini, setiap muslim berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadahnya. Sebab, bagi umat muslim bulan Ramadan adalah bulan paling mulia dan istimewa, dibandingkan sebelas bulan lainnya.

Semangat meraih kemenangan di bulan Ramadan ini tidak hanya dirasakan oleh orang-orang di kampung halaman, mahasiswa yang sedang dalam pengembaraannya mencari ilmu juga merasakan hal yang sama. Komunitas dan organisasi keagamaan di lingkungan kampus juga berlomba-lomba menggalang berbagai kegiatan untuk mengakomodir semangat mahasiswa, terutama yang ingin meningkatkan kualitas imannya di bulan mulia ini. Salah satunya adalah semangat membaca dan menghafal kitab suci Alquran.

Salah satu organisasi kampus yang menggalakkan berbagai kegiatan Ramadan adalah organisasi Safir (Safari Iman Ramadhan 1436 H), sebuah organisasi yang dibentuk oleh Keluarga Takmir Masjid Ulil Albab, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Organisasi Safir ini khusus mengelola kegiatan-kegiatan keagamaan di bulan Ramadan.

Dari berbagai kegiatan tim Safir, salah satu program unggulannya adalah program menghafal Alquran, yang disebut program I'tikaf Menghafal. Salah seorang pengurus program Safir, bernama Saja', menuturkan bahwasannya melalui program ini, peserta program akan dampingi selama 10 hari hingga bisa menghafal surat Al-Baqarah yang berjumlah 286 ayat ini.

Ingin hafalkan Al-Baqarah dalam 10 hari? Komunitas ini siap bantu kamu

Loading...

"Pesertanya keseluruhan ada 100 orang, mereka terdiri dari 50 peserta putra dan 50 peserta putri," ujarnya kepada brilio.net, Jumat (26/6).

Selain didampingi, imbuh Saja', peserta yang lolos seleksi akan disediakan fasilitas mulai dari konsumsi, tempat tinggal bahkan laundry pakaian. Seluruh fasilitas tersebut diberikan secara gratis, dengan maksud agar peserta program fokus untuk menghafal Al-Quran, khususnya surat Al-Baqorah.

"Pesertanya bebas, yang penting ada keinginan menghafal Alquran, sehat dan bersedia tinggal bersama kami selama 10 hari, pada tanggal 06 Juli hingga 16 Juli," ujarnya.

Selain pesertanya tak dibatasi usia maksimal, seleksinya juga tidak tergolong sulit. "Hanya tes membaca Alquran," katanya.

Ingin hafalkan Al-Baqarah dalam 10 hari? Komunitas ini siap bantu kamu

Nah, buat kamu yang ada di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, kalau punya keinginan menghafal surat Alquran, kamu mungkin bisa saja mengikuti program tim Safir ini. Selain gratis, siapa tahu kamu jadi memiliki motivasi untuk menghafal Alquran secara keseluruhan 30 Juz.

Jika berminat, kamu bisa menanyakan program yang dibuka pendaftarannya hingga 30 juli ini. Langsung kepada Abdul di 082293274878 atau melalui media sosial tim Safir di 'Masjid Ulil Albab'.

Selamat berpuasa dan beribadah!

PERLU JUGA KAMU BACA:

Kisah Nabi Zakaria, tak henti-hentinya berdoa akhirnya dikaruniai anak

Ini asal usul nama Muhammad

Bukan Khadijah cinta pertama Muhammad, tapi ini lho wanita itu

Di zaman Muhammad SAW, imsak ditandai selesainya bacaan Qur'an 50 ayat

Undian yang menyelamatkan ayah Muhammad SAW

Pemuda ini lebih memilih Muhammad daripadanya orangtuanya sendiri

BERITA TERKAIT YANG WAJIB KAMU BACA:

Kisah terenyuh Sunan Giri, saat bayi dibuang ke laut oleh kakeknya

Kisah Wali Sanga, alat musik tradisional bikin orang masuk Islam

'Tapa ngeli', cara Sunan Muria menyebarkan ajaran Islam

Ternyata Fatahillah bukan Sunan Gunung Jati, ini penjelasannya

Ini asal usul falsafah dahsyat Moh Lima besutan Sunan Ampel

Tokoh punakawan, peninggalan Sunan Kalijaga sewaktu berdakwah

Kisah Sunan Kudus yang berhasil sembuhkan wabah penyakit di Arab

Shalat minta hujan Sunan Gresik selamatkan gadis yang akan jadi tumbal

Ini penjelasan kenapa semua Wali Songo terletak di pesisir utara Jawa

Begini ceritanya kenapa Raden Paku akhirnya bisa dipanggil Sunan Giri

Kisah Sunan Drajat yang selamat setelah ditolong ikan cucut

Ingin hidup damai? Terapkan Catur Piwulang ajaran Sunan Drajat ini