Brilio.net - Sunan Drajat terlahir dari keluarga yang sudah sangat kental ajaran agama. Ia merupakan putra dari Sunan Ampel dan Dewi Candrawati. Nama lengkapnya Qasim bin Muhammad Ali Rahmatullah bin Ibrahim Assamarqandy. Di antara para wali, barangkali Raden Qasim yang mempunyai nama paling panjang. Selain dikenal dengan Sunan Drajat, di berbagai naskah kuno juga disebut dengan Sunan Mahmud, Sunan Mayang Madu, Sunan Muryapada, Raden Imam, dan Maulana Hasyim.

Dikutip brilio.net dari buku Jejak Para Wali dan Ziarah Spiritual terbitan Kompas, Sabtu (27/6), setelah Sunan Drajat selesai belajar dari Sunan Gunung Jati, oleh ayahnya ia diminta untuk berdakwah di pesisir barat Gresik. Perjalanan ke Gresik ini yang akhirnya menghasilkan sebuah cerita bagaimana ia bisa berdakwah di Lamongan.

Pada saat Raden Qasim menumpang biduk nelayan dari Surabaya menuju Gresik untuk berdakwah, perahu yang ditumpanginya terseret badai dan pecah dihantam ombak di daerah Lamongan, sebelah barat Gresik. Raden Qasim selamat ditolong ikan cucut dan ikan talang sampai ke Jelak, Banjarwangi. Ada juga yang menyebut ikan penyelamat Raden Qasim pada peristiwa tahun 1485 adalah ikan cakalang.

Sampai di daerah tersebut Raden Qasim disambut baik oleh tetua kampung bernama Mbah Mayang Madu dan Mbah Banjar. Konon, kedua tokoh itu telah diislamkan sebelumnya oleh pendakwah asal Surabaya yang juga terdampat di sana beberapa tahun sebelumnya.

Raden Qasim kemudian menetap di Jelak dan menikah dengan putri Mbah Mayang Madu yang bernama Kemuning. Di sana Raden Qasim mendirikan sebuh surau yang akhirnya menjadi pesantren tempat mengaji ratusan penduduk. Jelak yang dulu dusun terpencil lambat laun menjadi ramai dan berubah nama menjadi Banjaranyar.

Setelah perjuangan menyebarkan Islam di Banjaranyar dirasa cukup, Raden Qasim kemudian mencari lokasi baru hingga akhirnya terpilihlah perbukitan Drajat sebagai tempat berdakwah.

BACA JUGA:

Kisah keharmonisan antar umat beragama di zaman Rasulullah

Kisah Nabi Zakaria tak henti-hentinya berdoa akhirnya dikaruniai anak

Kisah Wali Sanga, alat musik tradisional bikin orang masuk Islam

Kisah perpindahan agama seorang panglima di tengah tengah perang

Kisah Perang Hunayn, kemenangan kaum muslim yang sempat tercerai berai

HOT NEWS:

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9