Brilio.net - Kamu hanya berani bermimpi kuliah di perguruan tinggi sebesar Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta karena keterbatasan ekonomi? Sekarang buanglah jauh-jauh mimpi itu. Keterbatasan ekonomi tak menghalangi kuliah di UGM. Aminin, anak dari PKL penjual buah, telah membuktikannya.

Aminin (23) putri dari pasangan suami istri, Setyono dan Khalimatul Muslimah lulus jurusan Biologi UGM dengan biaya dari Beasiswa Bidik Misi. Dia berasal dari keluarga yang terbilang memiliki keterbatasan ekonomi. Orang tuanya hanya bekerja sebagai PKL yang berdagang buah-buahan.

Tapi, semua itu tidak menyurutkan semangatnya untuk bisa kuliah. Aminin berhasil mendapatkan beasiswa Bidik Misi, tentu hal ini mengurangi beban orang tuanya mengingat biaya untuk kuliah sangat mahal bagi mereka. "Orang tua saya pendatang dari Nganjuk, Jawa Timur. Sedari kecil saya sudah di sini dan orang tua saya ngontrak rumah sederhana di Padukuhan Samirono," Kata Aminin kepada brilio.net, Senin (16/3).

Ini Aminin, berhasil lulus UGM dengan bantu orangtua jualan buah

Rumah kecil berukuran 4x5 meter mereka gunakan dalam kegiatan sehari-hari seperti tidur, belajar, memasak, menonton televisi mereka lakukan di satu ruangan yang sama setiap harinya. Aminin kini sedang berusaha mencari kerja di Jogja demi bisa membantu biaya kuliah adiknya yang kini duduk di semester 6 di Jurusan Fisika Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tanpa ditunjang beasiswa. Cukup berat bagi orang tuanya untuk membiayai kuliah, apalagi kedua adiknya juga butuh biaya sekolah di kelas 1 SMP dan 2 SD.

BACA JUGA:

Dari rumah reot 4x5 m ini, Aminin anak PKL penjual buah lulus UGM

Keikhlasan bocah autis bantu ibunya jualan kaset pita jadul

Teman alami gangguan penglihatan, Sadiyah ciptakan meja baca pintar

Pelajar ini 3 tahun menggendong temannya yang cacat ke sekolah

Dahsyat, bocah ini menangkan AMI Awards berkat tembang Walang Kekek

Kisah pilu seorang bocah yang kehilangan anjing kesayangannya

Wow, bocah 9 tahun kantongi 119 gelar martial arts

Kebaikan sepele 2 bocah kakak-beradik ini contoh nyata kepedulian