Brilio.net - Apapun yang berbau ganteng, pasti digilai hampir semua wanita. Kamu tentu masih ingat kasus teror pengeboman di kawasan Sarinah dalam beberapa hari belakangan. Alih-alih membahas dalang di balik aksi tersebut, netizen Indonesia justru asyik membincangkan aksi heroik para polisi ganteng saat berupaya melumpuhkan para teroris.

Tak hanya memuji aksi para polisi tersebut, para netizen juga mengelu-elukan tampang rupawan serta gaya fashionable mereka. Bahkan, para netizen memperkenalkan tagar baru #KamiNaksir sebagai ungkapan kekaguman mereka terhadap para polisi ini.

Namun, benarkah kaum hawa sangat mendambakan pasangan yang memiliki wajah yang rupawan? Kendati wanita sangat mengagumi lawan jenis yang berwajah ganteng, faktor 'muka' bukanlah prioritas kaum hawa dalam memilih pendamping hidup.

Menurut sebuah studi di University of Worcester, Inggris, jika seorang wanita dihadapkan pada sebuah opsi untuk memilih pria yang ganteng atau pria yang lebih mengutamakan kepentingan banyak orang, mereka akan tegas memilih opsi yang kedua. Penelitian tersebut juga menyimpulkan bahwa sikap mengutamakan banyak orang (tidak egois) adalah karakter yang paling diprioritaskan oleh wanita dalam mencari pasangan hidup.

Peneltian tersebut melibatkan 202 wanita yang berusia 20 tahunan yang direkrut secara online. Mereka diminta untuk melihat 12 foto perbandingan pria berwajah ganteng dan biasa-biasa saja. Selain itu, terdapat pula skenario yang menunjukkan sikap anti-egois yang diperagakan pria yang berwajah biasa-biasa saja. Hasilnya pun cukup mengejutkan.

Loading...

"Orang yang mementingkan banyak orang (dewasa) dinilai lebih menarik ketimbang orang yang hanya punya fisik yang rupawan," kata Farelly, salah seorang peneliti yang dikutip brilio.net dari techinsider, Minggu (17/1).

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Evolutionary Psychology itu juga menyebut bahwa pria yang memiliki dua faktor tersebut, ganteng dan tidak egois tentu lebih menarik bagi wanita. Itu sebabnya, banyak wanita sangat mengidolakan pria yang mengabdikan diri untuk kepentingan umum, seperti profesi polisi, tentara, guru atau PNS. Apalagi jika mereka memiliki wajah yang rupawan, tentu akan menjadi magnet positif bagi kaum hawa.