Brilio.net - Berbuat baik pada sesama memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari hanya memberikan bantuan materi sampai dengan terjun langsung ke masyarakat untuk melakukan kegiatan sosial. Saat ini memang semakin banyak anak-anak muda yang memilih terjun langsung ke masyarakat baik atas nama individu maupun kelompok atau komunitas, salah satunya adalah Dreamdelion.

Dreamdelion yang merupakan sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial bisnis ini sudah sejak 2012 lalu mengerahkan anggotanya untuk membantu masyarakat agar lebih hidup mandiri. Yayasan yang berawal dari sebuah gagasan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini awalnya merupakan ide dari seorang mahasiswa Universitas Indonesia (UI) bernama Alia Noor Anoviar.

“Dreamdelion itu berasal dari kata dream yang berarti mimpi dan delion yang merupakan jenis bunga di pegunungan yang bila ditiup akan menyebar. Filosofinya adalah kita ingin menyebarkan mimpi-mimpi ke seluruh masyarakat,” cerita Dewi Ayu pada brilio.net Selasa (26/5).

Dewi yang merupakan anggota bidang human resource dari Dreamdelion menambahkan bahwa beberapa program yayasan ini memang dirancang khusus untuk mewujudkan mimpi masyarakat. Misalnya saja divisi Dreamdelion cerdas akan membantu anak-anak mewujudkan mimpi dan cita-citanya dengan mendirikan sanggar belajar. Untuk divisi Dreamdelion kreatif lebih fokus pada memberdayakan para ibu rumah tangga. Para ibu diberikan pelatihan kerajinan tangan yang hasilnya akan dibantu pemasarannya.

Ada juga divisi Dreamdelion sehat yang salah satu programnya adalah melakukan penanaman berbagai jenis tanaman untuk mewujudkan Jakarta yang lebih hijau, karena menurutnya hampir seluruh warga Kakarta pasti bermimpi memiliki Jakarta yang hijau. Saat ini cakupan program-program dari yayasan ini sendiri masih seputar masyarakat di kawasan manggarai, Jakarta Selatan dan Jogja.

Mahasiswi Akuntansi UI itu juga menyatakan bahwa mungkin rekan-rekannya akan mencoba melebarkan cakupan wilayah setelah masyarakat di Manggarai dapat benar-benar mandiri. Saat ini yayasan ini sudah bekerjasama dengan banyak sekali lembaga dan perorangan, salah satunya adalah Prof. Rhenald Kasali, Ph.D yang turt membantu penyediaan peralatan.

Untuk kamu yang merasa berjiwa sosial dan tertarik untuk ikut mewujudkan mimpi masyarakat, boleh dicoba bergabung di yayasan ini dan buat kontribusi yang nyata!

(brl/swh)