Brilio.net - Pertunjukan monolog "Tan Malaka: Saya Rusa Berbulu Merah" gagal digelar pada hari Rabu malam (23/3). Kegagalan itu terjadi karena ada ancaman dari salah satu ormas Islam karena pertunjukan itu dinilai berbau komunis.

Tapi kabar baik akhirnya datang. Setelah mendapat jaminan dari Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, pertunjukan itu rencananya akan digelar Kamis (24/3) ini. Info tentang jaminan pertunjukan itu datang dari akun Twitter resmi penyelenggara @mainteater.

Pertunjukan yang sedianya digelar dua hari, yakni Rabu dan Kamis, tetap akan digelar dua kali. Pertunjukan pada pukul 16.00 WIB akan diprioritaskan untuk penonton yang telah memesan dan membeli tiket untuk pertunjukan tanggal 23 Maret. Sedangkan penonton yang memesan dan membeli tiket pada tanggal 24 Maret akan diprioritaskan untuk pertunjukan pukul 20.00 WIB yang digelar di Institut Francais D'Indonesie (IFI) Bandung.

Loading...

Monolog Tan Malaka © 2016 brilio.net

Monolog Tan Malaka-© 2016 brilio.net/Twitter.com/mainteater

Bahkan menurut informasi yang disampaikan panitia di akun Twitter @mainteater, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil rencananya juga akan menyaksikan pertunjukan itu pada pukul 16.00 WIB. Pertunjukan serupa rencananya juga akan digelar di beberapa kota lainnya.

Di luar pementasan, panitia pertunjukan juga menunjukkan harapannya pada akun Twitter agar acara-acara terkait kebudayaan tak lagi mendapat pengekangan berekspresi dan berpendapat.

"Kami turut prihatin & simpati pada kawan-kawan lain yang telah mengalami tindakan represif dari kelompok-kelompok fundamentalis. Bentuk-bentuk intoleran tidak bisa dibiarkan. Solidaritas mesti dibangun erat. Semoga peristiwa yang kami alami tidak terulang lagi," kata panitia di akun Twitter @mainteater.