Brilio.net - Jalur pendakian Gunung Slamet ditutup untuk umum mulai hari ini. Penutupan tersebut dilakukan karena terjadi hujan lebat disertai dengan angin kencang di sepanjang jalur pendakian hingga puncak Gunung Slamet.

"Jalur pendakian Gunung Slamet ditutup mulai hari ini hingga batas waktu yang belum ditentukan atau kondisi cuaca membaik," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinbudparpora Purbalingga Prayitno di Purbalingga, Senin (8/2).

Ia mengatakan pihaknya telah menginformasikan penutupan jalur pendakian tersebut di Pos Pendakian Gunung Slamet, Dusun Bambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja.

"Sebenarnya minat wisatawan untuk mendaki Gunung Slamet sangat tinggi. Ini terlihat dari jumlah pendaki yang memanfaatkan liburan Tahun Baru Imlek 2567 untuk melakukan pendakian pada hari Sabtu (6/2)," terangnya dikutip Antara.

Dia mengatakan berdasarkan data Pos Pendakian Gunung Slamet di Dusun Bambangan, jumlah wisatawan minat khusus yang berangkat mendaki pada Sabtu (6/2), sekitar 700 orang.

Menurut dia, para pendaki tersebut seharusnya turun paling lambat pada Minggu (7/2) malam. Namun karena adanya hujan yang disertai angin kencang, sebagian pendaki masih tertahan di Gunung Slamet.