×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Di sekolahan ini anak jalanan 'dilahirkan' jadi generasi hebat

View Image

0

BRILIO » News

Di sekolahan ini anak jalanan 'dilahirkan' jadi generasi hebat

Kurikulum yang diterapkan sekolah ini adalah perpaduan antara kurikulum sistem pendidikan sekolah dengan kurikulum sistem asrama.

12 / 09 / 2015

Brilio.net - Biaya pendidikan yang mahal menjadi kendala tersendiri bagi keluarga yang hidup kekurangan untuk mencapai pendidikan tinggi. Jangankan untuk menyekolahkan anak-anak mereka, untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saja masih bersusah payah. Tidak heran banyak anak-anak yang putus sekolah dan terpaksa bekerja di usia dini.

Banyaknya anak jalan yang tidak dapat merasakan pendidikan menimbulkan keprihatinan tersendiri bagi yayasan Dompet Dhuafa yang kemudian mendirikan sekolah Smart Ekselensia, setara dengan tingkat SMP dan SMA. Sekolah yang berada di Parung, Bogor tersebut tidak hanya mengajarkan kurikulum layaknya sekolah pada umumnya.

Di sekolahan ini anak jalanan 'dilahirkan' jadi generasi hebat

"Jadi sekolah kami ini adalah sekolah bebas biaya, unggulan, dan berprestasi yang pertama di Indonesia. Di sini kami ingin membuktikan bahwa lulusan kami yang berasal dari anak jalanan dan keluarga tidak mampu juga dapat berprestasi hebat," terang Anita Sari, pengurus Dompet Dhuafa saat ditemui brilio.net di kantor pusatnya Jalan Kyai Mojo, Yogyakarta, Jumat (11/9).

Kurikulum yang diterapkan sekolah ini adalah perpaduan antara kurikulum sistem pendidikan sekolah dengan kurikulum sistem asrama. Yang dimaksud sistem asrama adalah sistem yang membimbing dan membina siswa agar memiliki kepribadian yang mulia, bertanggung jawab dan mandiri. Sistem ini kemudian dituangkan dalam sebuah program. Program tersebut antara lain kepemimpinan, public speaking, vocational skill dan pendalaman ibadah. "Selain itu kami juga punya program pendampingan psikologis bagi siswa. Untuk itu, selain guru Bimbingan Konseling dan wali asrama, juga disediakan psikolog yang akan menjalankan program pembimbingan secara individual," lanjut Anita.

Loading...

Di sekolahan ini anak jalanan 'dilahirkan' jadi generasi hebat

Sekolah yang berdiri pada tahun 2004 ini pun prestasinya sangat mengagumkan. Siswa Smart banyak yang memenangi olimpiade, baik tingkat kabupaten/kota, provinsi, maupun nasional dan juga ikut aktif dalam ajang internasional. Bahkan ulusan pertama, kedua, dan ketiga SMART telah diterima 100% dibeberapa perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia seperti UGM, ITB, UI, UNAIR, ITS dan masih banyak lagi. Beberapa di antara mereka juga banyak yang melanjutkan pendidikan di luar negeri seperti Belgia, Australia, Inggris dan Prancis, tentunya dengan beasiswa.

Banyak sekolah dari seluruh Indonesia melakukan studi banding ke SMART. Beberapa tamu internasional dari negara-negara ASEAN, Asia Barat, Eropa, AS dan Korea Selatan juga tercatat pernah berkunjung ke Smart untuk melihat prestasi anak-anak didik Smart Ekselensia.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    50%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more