Brilio.net - Siapa yang nggak suka gratisan? Mungkin hampir semua orang suka sama yang namanya gratisan, mulai dari hal yang wajar sampai hal yang aneh. di Indonesia beberapa hal biasa diberikan secara gratis. Kira-kira apa saja itu?

Berikut 20 hal gratisan yang paling banyak dicari orang Indonesia, yang berhasil brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/11).

1. Wifi

foto: english.martinvarsavsky.net

Zaman sekarang kayaknya kebutuhan akan akses internet sudah mengalahkan kebutuhan akan makanan. Apalagi kalau sudah gratisan, bisa kita lihat di kafe-kafe yang menyediakan wifi gratis pasti ramai banget sama orang-orang nongkrong. Walaupun hanya pesan es teh segelas, mereka nongkrong sambil internetan berjam-jam. Kamu juga termasuk guys?

2. Makanan

foto: kaskushootthreads.blogspot.com

Makan sudah jadi salah satu kebutuhan pokok. Semua orang butuh makan, dan orang Indonesia paling doyan sama yang namanya makan gratis. Berbagai cara biasa dilakukan, mulai dari datang undangan nikah padahal nggak diundang, nodong traktiran ulang tahun ke teman, bahkan sampai nodong traktiran ke teman yang baru jadian.

3. Nikah gratis

foto: mahrus.wordpress.com

Yang satu ini memang agak sedikit absurd di Indonesia, entah kenapa banyak sekali acara nikahan massal gratis, hampir setiap tahun pasti ada tuh. Mungkin ini cara membantu untuk menghindari zina kali ya.

4. Pendidikan

foto: goodhousekeeping.com

Pendidikan erat kaitannya dengan beasiswa, dan beasiswa itu biasanya gratis. Mulai dari beasiswa SMA, S1, S2, sampai S3 pun ada di Indonesia. Dan ini juga biasa nya paling banyak dicari tuh.

5. Lagu

foto: youtube.com

Nggak bisa disangkal lagi, hampir semua orang pasti suka dengerin lagu. Kecanggihan teknologi zaman sekarang membuat orang-orang lebih memilih mendownload lagu bajakan di internet daripada beli yang asli.

6. Film

foto: yangmuda.com

Hampir sama seperti lagu, film juga sudah banyak sekali yang gratis. Bahkan di Indonesia ada ratusan situs yang menyediakan film gratis yang bisa kamu tonton kapan saja. Walaupun beberapa waktu yang lalu Kemenkominfo sudah memblokir ratusan situs download film bajakan, ini tetap nggak menyurutkan semangat orang Indonesia untuk mencari film gratis.

7. Jalan-jalan gratis

foto: promotourhwi.com

Siapa yang nggak suka jalan-jalan? Pasti semua orang suka, apalagi kalau gratis. Dan sekarang banyak sekali perusahaan yang ngadain kuis hadiahnya jalan-jalan gratis, pasti yang ikut banyak banget. Apa kamu termasuk salah satunya?

8. Aplikasi

foto: sidomi.com

Mulai dari aplikasi komputer sampai aplikasi smartphone, orang Indonesia cenderung mencari yang gratis bahkan menjurus ke bajakan. Konon pengguna aplikasi bajakan di Indonesia mencapai 90%. Waduh!

9. Game

foto: tapscape.com

Yang ini nggak jauh beda sama aplikasi. Terutama para pengguna smartphone pasti lebih memilih download game gratis daripada berbayar. Hayo ngaku, kamu salah satunya kan?

10. Sunat gratis

foto: jagakarsacenter.com

Hal absurd lainnya yang ada di Indonesia, sunat gratis. Nggak kalah sama nikahan, sunatan massal gratis juga sering ada di Indonesia. Ini biasanya diselenggarakan sama pesantren-pesantren atau lembaga sosial.

11. Tempat menginap

foto: hostels247.com

Kamu yang suka traveling, pasti suka mencari tempat menginap gratis. Mulai dari hotel gratis, backpacker homestay, sampai menghubungi teman di kota tujuan supaya bisa menginap di tempatnya gratis. Bahkan di Indonesia sudah banyak lho komunitas backpacker yang saling share tempat untuk bisa disinggahi secara gratis.

12. Konser

foto: youtube.com

Ini yang nggak kalah dicari sama orang Indonesia, mulai dari acara konser musik, nonton bareng, atau sekedar festival kesenian gratis dijamin laris manis deh di Indonesia.

13. Telepon gratis

foto: pricebook.co.id

Siapa yang suka nebeng telepon kantor atau handphone teman buat nelepon gratis? Hampir semua pasti pernah deh. Masih mahalnya tarif nelepon di Indonesia membuat orang Indonesia suka berburu telepon gratis, dari cari paketan yang ada gratis neleponnya sampai pinjam sana sini.

14. E-book

foto: indo-komputer.blogspot.com

Yang ini biasa buat kamu yang masih mahasiswa, buat mencari bahan literatur atau sumber tugas memang susah-susah gampang. Tapi di internet, ebook atau e-jurnal sudah banyak yang beredar yang gratisan.

15. Parkir

foto: arsip.tembi.net

Tempat parkir menjadi satu fasilitas yang harus ada di semua bidang usaha seperti kafe, tempat makan, mall, dan lain-lain. Nggak salah lagi, salah satu cara agar usahamu lebih punya sisi positif di mata konsumen adalah dengan menyediakan parkir gratis!

16. Toilet

foto: anatoemon.com

Toilet erat kaitannya dengan salah satu hajat manusia, buang air. Walaupun tarifnya di mana-mana relatif murah, tapi orang Indonesia cenderung numpang buang air di tempat yang menyediakan toilet gratis. Yah, asal jangan buang air sembarangan aja ya.

17. Transportasi

Di Indonesia banyak sekali pilihan transportasi publik yang murah meriah seperti bus umum, ojek, becak, dokar. Tapi di Indonesia budaya 'nebeng' sudah jadi kebiasaan yang lumrah. Mulai dari nebeng ke kampus, ke sekolah atau ke kantor.

18. Seminar Gratis

foto: asianturfseminar.com

Ini juga biasa nya ada kaitannya sama mahasiswa. Kamu yang masih mahasiswa pasti senang banget kalau ada seminar gratisan. Apalagi kalau seminarnya berhubungan dengan apa yang kamu suka.

19. Ongkos kirim

foto: netpreneur.co.id

Bagi para pecinta jual beli online, pasti nggak asing lagi nih sama yang namanya ongkir atau ongkos kirim. Kamu yang suka beli online pasti suka cari e-commerce yang memberikan fasilitas gratis ongkos kirim kan?

20. Pasang iklan gratis

foto: news.com.au

Nah, yang terakhir pasang iklan gratis. Kamu yang punya usaha baik online atau offline pasti senang banget kalau ditawarin pasang iklan gratis. Banyak pelaku bisnis di Indonesia berbondong-bondong cari tempat untuk pasang iklan gratis, bahkan sampai menjurus ke spam, wah! Kira-kira komentar dibawah ini ada yang numpang pasang iklan gratis nggak yah?

(brl/swh)

(brl/swh)