Brilio.net - Kamu pasti nggak asing sama yang namanya meteran atau nama bekennya tape measure. Alat ukur yang mirip penggaris ini memang sangat berguna untuk membantu dalam hal mengukur. Namun, kebanyakan produk meteran yang beredar di pasaran tak menyertai buku panduan untuk membantu bagaimana cara menggunakannya dengan benar. Padahal ada beberapa fitur tersembunyi yang bisa dimaksimalkan lho.

Apa saja ya kira-kira? Berikut brilio.net lansir dari Dailyliked, Kamis (17/3), Cara menggunakan meteran yang baik dan benar. Kamu pasti nggak bakal nyangka deh.

BACA JUGA: Ikan ternyata juga bisa capek berenang lho

1. Lubang di ujung berguna untuk mengaitkan ke paku atau baut.

cara memakai meteran © 2016 brilio.net

Setiap meteran pasti terdapat sebuah lubang berbentuk oval di ujungnya. Nah, lubang ini sebenarnya sangat membantu ketika kamu menggunakan meteran seorang diri. Tanpa perlu bantuan teman, kamu tinggal mencantolkan lubang tadi ke paku atau baut pada permukaan yang ingin kamu ukur.

2. Gerigi di ujung berguna untuk menandakan permukaan yang ingin diukur.

cara memakai meteran © 2016 brilio.net

Jika kamu tak membawa pensil untuk menandai permukaan yang ingin kamu ukur, tak perlu khawatir karena sebenarnya pada ujung meteran terdapat gerigi layaknya gergaji. Nah, gerigi ini sangat berguna untuk menandai permukaan yang ingin kamu ukur. Terutama permukaan yang terbuat dari kayu dan sejenisnya.

3. Ujungnya yang terasa longgar sebenarnya ada gunanya lho.

cara memakai meteran © 2016 brilio.net

Mungkin kamu sering bertanya, kenapa ujung meteran yang berbahan besi itu selalu terasa longgar? Tenang, itu bukan cacat pabrik kok. Hal itu sebenarnya berfungsi agar pengukuranmu lebih presisi. Angka pada ujung meteran seringkali tertutup oleh kepala besi.

Nah, ketika ujung dikaitkan pada ujung permukaan dan ditarik kencang, maka ukuran meteran akan bertambah beberapa centimeter. Jadi kamu nggak perlu khawatir kalau hasil pengukuranmu salah.

4. Angka pada body meteran itu memiliki fungsi tersendiri.

cara memakai meteran © 2016 brilio.net

Pada body meteran seringkali ditemukan angka dalam centimeter atau inchi. Biasanya sebesar tiga inchi. Angka ini menunjukkan panjang dari body meteran itu sendiri. Dimana fitur itu sangat berguna ketika kamu mengukur permukaan yang memiliki sudut seperti dinding. Kamu nggak perlu repot-repot membengkokkan meteran, karena itu sangat menyusahkan ketika kamu melihat angkanya.

Cukup tarik saja meteran hingga bodynya menyentuh lantai, dan tinggal tambahkan saja angka yang terdapat di body meteran dengan hasil pengukuranmu. Gampang kan?