Brilio.net - Kalau melihat ikan berenang ke sana ke mari itu rasanya menyenangkan. Apalagi kalau kulitnya berwarna-warni, ih lucu banget, bikin gemas! Tapi pernah nggak sih bertanya-tanya, ikan itu nggak capek apa ya berenang terus?

Jangan salah kira ya, ikan itu seperti manusia, yang membutuhkan oksigen untuk bernafas. Nah kalau misalnya oksigen yang dibutuhkannya tidak tersedia cukup di lingkungan sekitarnya, otomatis ikan juga bisa merasa lelah.

Menurut penelitian seorang ahli biokimia dari University of British Columbia, spesies ikan yang ada di bumi ini berjumlah lebih dari 30.000 banyaknya. Nah masing-masing spesies tentu memiliki kasus kelelahan yang berbeda-beda. Contohnya ikan salmon, setelah berenang mengikuti arus yang cepat atau saat dia meluncur dari atas air terjun tentu dia pasti akan merasa kelelahan. Tapi jangan berpikir kalau ikan akan merasa terengah-engah ketika kelelahan ya. Ketika kelelahan, otot-otot ikanlah yang akan merasa capek sehingga membuatnya kehabisan napas.

Spesies ikan yang hidup di perairan iklim tropis seperti Indonesia biasanya lebih susah untuk mendapat oksigen jika dibandingkan dengan ikan-ikan yang berada di perairan dingin. Sehingga, untuk beradaptasi dengan lingkungan mereka memiliki kemampuan untuk bernapas pendek-pendek. Ikan-ikan ini memiliki sistem respirasi khusus yang namanya aquatic surface respiration, di mana ikan akan berenang ke permukaan air paling atas untuk mengambil oksigen. Bahkan beberapa jenis ikan akan melompat keluar dari air untuk mengambil oksigen.

Lalu bagaimana cara ikan-ikan untuk menghilangkan rasa lelahnya? Ketika ikan merasa lelah, biasanya mereka akan berenang diam di bawah laut untuk mengumpulkan energinya untuk kembali berenang seperti sedia kala, seperti dikutip brilio.net dari Popular Science, Senin (29/6).

Loading...

BACA JUGA:

Nasib juru parkir wanita, gadaikan motor demi ganti rugi motor hilang

Anta, mahasiswa tukang parkir lulus STAN dengan uang saku Rp 50 ribu

Hidup sendiri, wanita 50 tahun ini sudah 15 tahun jadi tukang parkir

Kisah Anta, rela jadi tukang parkir demi bisa kuliah

HOT NEWS:

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9