Brilio.net - Saat disebut buah markisa, yang ada dalam bayangan kamu pasti olahan minuman yang super segar. Ya, buah markisa memang sangat terkenal akan kesegarannya saat dibuat es markisa maupun jus markisa. Tapi di antara kamu pasti tak banyak yang tahu khasiat di balik buah yang menyegarkan itu.

Baru-baru ini, lima mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, membuat produk minuman baru dari buah markisa yang bisa dijadikan solusi mencegah penyakit kanker. Minuman yang diberi nama Busa Songkar (Buah Markisa Solusi Kanker) itu diciptakan oleh Rizky Arum, Diana Kusmi Tridiantari, Ayu Ernawati, Erlangga Rendra, dan Rozzaq Alhanif Islamudin.

Bukan sembarang minuman, minuman markisa ini bisa mencegah kanker

Berdasarkan penelitian yang telah mereka lakukan di Laboratorium Terpadu Undip sejak Februari, diketahui bahwa buah markisa ternyata mengandung banyak zat bermanfaat, salah satunya kandungan fitokimin yang berupa polifenol dan karotenoid.

"Polifenol dan Karotenoid kaya akan antioksidan dan vitamin C yang berguna untuk kesehatan tubuh, utamanya dalam mengatasi kanker yang saat ini masih banyak menjangkit warga Indonesia," terang Diana kepada brilio.net, Selasa (9/6).

Loading...

Agar mudah dikonsumsi dan diminati masyarakat, Diana dan kelompok akhirnya mengolah buah markisa tersebut sebagai produk minuman. Satu botol 300 ml minuman bermerek Busa Songkar tersebut dibutuhkan 4-5 buah markisa. Gula dan jeruk nipis menjadi campuran minuman tersebut agar tercipta rasa yang pas.

Tak hanya meneliti kandungan, kemudian membuat produk yang mempunyai nilai jual, lima mahasiswa tersebut juga memberdayakan masyarakat untuk ikut serta dalam pengerjaan produk miniman itu. Masyarakat yang digandeng lima mahasiswa ini adalah warga desa Rowosari RT 03/04 Tembalang, Semarang. Untuk membuat minuman Busa Songkar ini, mereka memberdayakan anggota PKK setempat dalam mengolah buah markisa.

"Kami senang karena mampu mengubah pandangan masyarakat tentang buah markisa yang sebelumnya hanya dianggap tanaman hama penyebab ulat dan ular menjadi produk minuman yang sehat dan bernilai ekonomis," terang Diana.

Diana menambahkan bahwa masyarakat tak perlu khawatir untuk meminum produk mereka, karena Busa Songkar yang mereka buat telah bersertifikasi PIRT No : 2133374013063-20 dari Dinas Kesehatan Kota Semarang bulan Mei lalu.

ARTIKEL KANKER LAINNYA:

Perkenalkan nanobots robot pembunuh sel kanker

Mahasiswa UGM manfaatkan kelinci laut jadi obat antikanker, top!

Mengenal hewan lucu kelinci laut si penangkal bakteri dan kanker

Pisang yang berbintik hitam kulitnya punya banyak zat antikanker lho

Kanker mulut ternyata bisa dicegah dengan rajin makan alpukat

BACA JUGA:

Anak SMA ini temukan cara deteksi boraks cukup pakai tusuk gigi

Hafiz, pria berwajah cantik ini menangis karena KTP-nya tersebar

Begini cara kerja alat penjual bensin eceran Pertamini

Inilah asal usul kenapa huruf pada keyboard tidak urut abjad!

Ini dia 5 foto hidangan terakhir permintaan para terpidana mati

Kisah perjuangan Martini, dari tukang sayur menjadi eksportir sukses