×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Bukan Jepang atau China, tapi Vietnam 'raja' robot Asia Pasifik

View Image

0

BRILIO » News

Bukan Jepang atau China, tapi Vietnam 'raja' robot Asia Pasifik

Jejak kemenangan Vietnam diajang ABU Robocon memang bukan pertama kalinya terjadi.

25 / 08 / 2015

Brilio.net - Abu Asia-Pacific Robot Contest adalah Abu Asia-Pacific Robot Contest adalah kompetisi robot tahunan yang digelar untuk negara-negara Asia Pasifik. Untuk pelaksanan Abu Asia-Pacific Robot Contest 2015 digelar di Yogyakarta, Indonesia. Tema dari Abu Asia-Pacific Robot Contest 2015 adalah robot bulutangkis. 18 negara ikut berpastisipasi dalam lomba robot bergengsi tersebut.

Lomba digelar pada tanggal 23 Agustus 2015, semua tim telah bersiap dan melalui berbagai seleksi, mulai dari uji coba hingga tahap penyisihan. Penyisihan berlangsung dari pukul 09.00-15.00. Setelah melalui proses penyisihan, maka dihasilkan dua tim terbaik yang akan berlomba di final adalah Vietnam dan Hongkong dan akhirnya menjadikan Vietnam sebagai juara.

"Vietnam memang menjadi lawan yang tangguh untuk lomba kali ini, selain fokus pada pembuatan robot, kelebihan dari Vietnam yang membuatnya unggul dari negara lainnya adalah strategi, menggunakan raket yang cukup banyak memang strategi yang tepat untuk robot Vietnam dan akhirnya strategi tersebut berhasil dan membuat mereka meraih juara," ujar Wahidin Wahab, wasit kompetisi, usai pertandingan kepada brilio.net, Minggu (23/8).

Menurut Wahidin Wahab, robot milik Vietnam mampu mengalahkan robot Hongkong dengan perolehan skor Vietnam 5-1 Hongkong. Skor yang diraih Vietnam memang bukan hal mustahil sebab setiap umpan dari lawan selalu mampu dikembalikan. Hal itu yang membuat Hongkong harus menerima kekalahan hanya dalam waktu 5 menit 34 detik saja.

Bukan Jepang atau China, tapi Vietnam 'raja' robot Asia Pasifik

Loading...

Jejak kemenangan Vietnam diajang ABU Robocon memang bukan pertama kalinya terjadi. Bahkan Vietnam menjadi negara pertama yang merebut piala grand prix saat pagelaran pertama ABU Robocon pada tahun 2002. Pada tahun 2004, Vietnam pun berhasil memangkan ABU Robocon dengan membawa pulang piala grand prix dari Seoul, Korea Selatan.

Berselang dua tahun kemudian pada tahun 2006 Vietnam pun kembali menjuarai ABU Robocon. Lama berselang dari tahun 2006, pada tahun 2014 silam Vietnam kembali merebut juara dan tahun 2015 negara berjuluk Bunga Mawar ini menobatkan diri sebagai negara yang berhasil memenangkan ABU Robocon selama dua tahun berturut-turut.

"Kami sudah melakukan persiapan cukup lama, prestasi ini kami coba untuk pertahankan untuk tahun-tahun berikutnya," ujar ketua tim Vietnam saat konferensi pers.

Kerja keras para tim dari Vietnam sepertinya terbayarkan dengan kemenangan yang luar biasa. ABU Robocon 2016 selanjutkan akan dilaksanakan di Bangkok, Thailand. Akankah Vietnam kembali merebut juara?







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more