Brilio.net - Sekitar 400 siswa Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) mengikuti International Islamic Robot Olympiad (IISRO) 2015 yang dilaksanakan di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

IISRO merupakan olimpiade robot pelajar Islam yang diikuti beberapa negara. Olimpiade robot di UII dipusatkan di GOR dan Auditorium Kahar Muzakkir, 19 hingga 21 Agustus 2015.

Olimpiade robot tahun ini merupakan gelaran yang ke-4. Sebelumnya, IISRO dilaksanakan di Kuala Lumpur Malaysia (2012), Bandung, Indonesia (2013), dan Johor Baru, Malaysia (2014). Sedianya beberapa negara seperti Malaysia, Palestina, dan Mesir dijadwalkan mengikuti olimpiade robot ini. Namun karena terkendala beberapa hal, hanya Malaysia yang mengirimkan pelajarnya untuk berpartisipasi pada ajang ini.

"Mesir tidak ada konfirmasi sampai pelaksanaan acara, sedangkan Palestina terkendala visa. Malaysia mengirimkan 40 pelajarnya dari 6 negara bagian,"  terang Yudi Tribowo (34), ketua panitia IISRO 2015 kepada brilio.net, Rabu (19/8).

Yudi menerangkan jika IISRO ingin mempersiapkan pelajar Islam agar bisa bersaing pada pertandingan robotika tingkat dunia. Indonesia akhirnya mendominasi kepesertaan karena memang Indonesia termasuk pionir untuk pembelajaran robotika di antara negara-negara Islam lainnya.

Loading...

Ada  10 kategori robot yang dipertandingkan selama gelaran IISRO 2015. 10 kategori itu dibagi menjadi robot darat, laut, dan udara. Pada robot darat, kategori yang dipertandingkan adalah Sumo Robot, Transporter Robot, Theatre Robot, Soccer Robot, Low Cost Robot, Rescue Robot, Line Tracer Robot, dan Misssion Challenge Robot. Sementara untuk robot udara dan air masing-masing adalah Aerial Robot dan Underwater Robot.

Pada Kamis malam akan diselenggarakan Culture Night yang diisi dengan penampilan pemenang dari kompetisi Theatre Robot dan sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa UII bidang seni budaya seperti Tari Saman, Tari Borneo Malenggang, Paduan Suara Mahasiswa, dan Marching Band. Sementara Awarding Night dan Closing ceremony akan dilakukan pada Jumat malam.